Prinsif Ekologi dalam Pembangunan Berkelanjutan Perspektif Fritjof Capra

Ahmad Tri Mulyadi, Muhtadin Muhtadin

Abstract


Penemuan dan perkembangan teknologi telah membuat manusia lebih mampu dalam mengolah alam untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi jika tidak bijak dalam pemanfaatannya maka teknologi  justru akan mengancam eksistensi manusia itu sendiri, seperti terjadinya berbagai bencana alam karena ekploitasi dan pengolahan yang tidak bijak. Fritjof Capra membawa nafas segar di dunia ekologi dengan melahirkan prinsip ekologis yang dapat membawa perubahan menuju masyarakat berkemajuan. Artikel ini akan menyajikan prinsip ekologi dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan yang gagas oleh Capra. Penelitian ini bersifat diskriptif  dan konten analisis. Capra menawaran beberapa poin sebagai prinsip yang harus di implementasikan dalam berinteraksi dengan alam,  Antara lain, Networks (jejaring), Cycles (siklus), solar energy (energi surya), partnership (kemitraan), diversity (keanekaragaman), dan dynamic balance (keseimbangan dinamis). Dengan demikian Capra menghendaki agar kita membangun aktifitas manusia yang juga memikirkan kelangsungan hidup di masa yang akan datang dengan cara mendasarkan setiap pembangunan yang dilakukan manusia dengan prinsip ekologis.


References


Capra, Fritjof. “The Hidden Connections : A Science for Sustainable Living”. Alih Bahasa Andya Primanda. “The Hidden Connections : Strategi Sistemik Melawan Kapitalisme Baru”. Cet. III. Yogyakarta: Jalasutra. 2009.

Fatimah, Siti. “Epistemologi Tranformatif Fritjof Capra”. Cirebon: Nurjati Press. 2012.

Fatimah, Siti. “Fritjof Capra Fisikawan Pencetus Pemikiran Epistemologi”. Yogyakarta: CV. Budi Utama. 2013.

Keraf , A. Sonny. “Filsafat Lingkugan Hidup”. P.T. Kanisius: Yogyakarta. 2014.

Keraf, A. Sonny. “Filsafat Lingkugan Hidup”. P.T. Kanisius: Yogyakarta. 2014.

Keraf, A. Sonny. “Fritjof Capra Tentang Melek Ekologi Menuju Masyarakat Berkelanjutan”. Diskursus. Vol. 12. No. 1. April 2013.

Mc Ginnis, Michael Vincent. “Boundary Creatures and Bounded Space”. dalam Michael Vincent Mc Ginnis (ed.). Bioregionalism. London and New York: Routledge. 1999.

Munir, Misbakhul, “Prinsip Biologi Dalam Lingkungan Berkelanjutan”, Al-Ard: Jurnal Teknik Lingkungan, Vol. 2, No.1.

Ridwan, Ita Rustiati. “Dampak Industri Terhadap Lingkungan dan Sosial”. UPI. Serang – Banten.

biologiklaten.wordpress.com/bab-10-ekosistem-x




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijitp.v3i1.9309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy (IJITP) [p-ISSN: 2656-8748, e-ISSN: 2686-4304]

Office: Akidah dan Filsafat Islam Program, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, INDONESIA

Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, KP. 34513. Email: ijitp@radenintan.ac.id

Licency:

Creative Commons License

All articles published by Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy (IJITP) are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.