Agama dan Perubahan Sosial Perspektif Ali Syariati

Pandu Irawan Riyanto

Abstract


Penelitian ini bermaksud melakukan eksplorasi lebih jauh tentang Pemikiran Ali Syariati mengenai Agama dan Sosial. Dan bagaimana kedudukan pemikirannya dalam kancah sosiologi modern. konstruksi pemikiran perubahan sosial Ali Syariati didasari atas keresahan atas Realitas sosial yang tampak opresif dan tiran di Iran. Ia mengusung doktrin Islam agar dapat dijadikan sebagai dasar gerakan dalam mewujudkan perubahan sosial di Iran. Pemikiran Ali Syariati yang cenderung bersifat emansipatoris inilah yang membedakannya dengan pemikiran Sosiolog lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yakni historis factual, metode ini berupaya agar selaras dengan struktur pemikiran Ali Syariati dan menyesuaikan dengan setting sosial yang mempengaruhinya. Hasilnya, penelitian ini menemukan bahwa ada tiga konsep yang digagas oleh Ali Syariati dalam pemikiran perubahan sosialnya yakni, tauhid (worldview) yang menjadi asas ideologis dalam menganalisa masalah sosial dalam struktur sosial, kemudian rausyanfikr (intelektual tercerahkan) yang berperan sebagai aktor dalam membangun kesadaran dan menjadi jembatan dalam menyambungkan kepentingan kelas sosial yang tertindas. Dan terakhir yaitu  ummah yang menjadi arah perubahan sosial, yang mana sistem Ummah adalah sistem yang menyuarakan kesamarataan, kesetaraan tanpa diskriminasi dan ketidakadilan. Ali syariati menuangkan pemikirannya dengan karakteristik yang berbeda terhadap sosiologi Barat. Pemikirannya tentang perubahan sosial sangat sarat akan nilai-nilai yang bersifat ideologis dan emansipatoris, sedangkan sosiologi Barat cenderung positivistik dan bebas nilai.

Full Text:

PDF

References


Badruzaman, Abad. Dari Teologi Menuju Aksi. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2009.

Baharun, Mohammad. Epistemologi Antagonisme Syi’ah; Dari Imamah Sampai Mut’ah. Malang: Pustaka Bayan, 2008.

Jauhari, Imam Bonjol. “Agama Sebagai Kesadaran Ideologis: Refleksi Perubahan Sosial Ali Syari’ati.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 16, no. 1 (2016): 1. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v16i1.315.

Jurdi, Syarifuddin. Sosiologi Islam dan Masyarakat Modern; Teori, Fakta dan Aksi Sosial. Jakarta: Prenada Media Group, 2010.

Rahnema, Ali. Ali Syariati Biografi Politik Intelektual Revolusioner. Jakarta: Erlangga, 2000.

Ridwan, M. Deden. Melawan Hegemoni Barat; Ali Syariati Dalam Sorotan Cendekiawan Indonesia. Jakarta: Lentera Basritama, 1999.

Supriyadi, Eko. Sosialisme Islam Pemikiran Ali Syariati. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2017.

Suyanto, J. Dwi Narwoko dan Bagong. SOSIOLOGI: Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2004.

Syariati, Ali. Humanisme Antara Islam dan Mazhab Barat. Disunting oleh Afif Muhammad. Bandung: Pustaka Hidayah, 1989.

———. Ideologi Kaum Intelektual. Bandung: Mizan, 1993.

———. Imam Husein: Syahadah, Bangkit & Bersaksi. Jakarta: Pustaka Zahra, 2014.

———. Membangun Masa Depan Islam. Disunting oleh Rahmani Astuti. Bandung: Mizan, 1986.

———. On The Sociology of Islam. Disunting oleh Arif Mulyadi. Yogyakarta: RausyanFikr Institute, 2013.

———. Ummah dan Imamah. Bandung: Pustaka Hidayah, 1995.

Yogyakarta, U I I. “Pemikiran Ali Syari ’ ati dalam Sosiologi (Dari Teologi Menuju Revolusi) Faiq Tobroni Pendahuluan” 10 (t.t.): 241–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/jw.v4i2.11479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 JAWI



Jawi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampunge-ISSN 2522-2530

Office: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Jl. Letkol H. Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, KP. 34513. Website:http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/jawi, Email: Jawi@radenintan.ac.id 

Creative Commons License

DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR