Mengungkap Komunikasi Pembelajaran Daring di SMAN 3 Panyabungan

Ahmad Salman Farid

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses komunikasi pembelajaran daring yang dilakukan oleh pendidik dan siswa SMAN 3 Panyabungan di tengah pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Efektivitas komunikasi pembelajaran daring pada SMAN 3 Panyabungan di tengah pandemi Covid-19 belum berjalan efektif. Dari hasil temuan penelitian bahwa masih ada siswa SMAN 3 Panyabungan yang tidak mengikuti pembelajaran di tengah pandemi Covid-19 dikarenakan keterbatasan perangkat smartphone, kuota internet dan sinyal. Masih banyak siswa SMAN 3 Panyabungan yang belum mahir menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Metode komunikasi pembelajaran yang digunakan masih dominan pemberian tugas kepada peserta didik. Banyak siswa SMAN 3 Panyabungan yang tidak setuju dengan pembelajaran daring karena tidak efektif dan tidak semua orang tua yang memiliki Laptop atau HP untuk pembelajaran daring.


Keywords


communication, learning, daring

References


Ally, M. Foundation of Educational Theory for Daring Learning. Dalam Terry Anderson (Penyunting), The Theory and Practice of Daring Learning Canada: AU Press, Athabasca University. 2008.

Ana, C., Membangun Kreativitas Anak. Depok : Insani Press. 2003.

Anderha, Refiesta Ratu; MASKAR, Sugama. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Materi Eksponensial. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2020, 1.2: 1-7.

Ardiawan, I. Ketut Ngurah; Heriawan, I. Gede Teguh. Pentingnya Komunikasi Guru Dan Orang Tua Serta Strategi PMP Dalam Mendukung Pembelajaran Daring. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2020, 1.1: 95-105.

Aubusson, Peter; Schuck, Sandy; Burden, Kevin. Mobile learning for teacher professional learning: benefits, obstacles and issues. ALT-J, 2009, 17.3: 233-247.

Asrori, M., Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima. 2009.

Batoebara, Maria Ulfa; Hasugian, Buyung Solihin. Peran Orang Tua dalam Komunikasi Pembelajaran Daring. Warta Dharmawangsa, 2021, 15.1: 166-176.

Chrisnatalia, Sandra Grace; Rahadi, Dedi Rianto. Komunikasi Digital Pada Pembelajaran Secara Daring Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bonanza: Manajemen dan Bisnis, 2020, 1.2: 56-65.

Cobcroft, Rachel, et al. Mobile learning in review: Opportunities and challenges for learners, teachers and institutions. In: Learning on the Move: Proceedings of the Online Learning and Teaching Conference 2006. Queensland University of Technology, 2006. p. 21-30.

Deddy Mulyana. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya. 2002.

Denizalp, Hasan; Ozdamli, Fezile. Determination of student opinions on usage of social media and mobile tools in student-teacher, student-student communication. International Journal Of Emerging Technologies In Learning (IJET), 2019, 14.22: 19-28.

Devito, Joseph A. Human Communication. Alih bahasa oleh Maulana, Agus. (1997). Komunikasi Antar Manusia.Jakarta:Professional Books. 1996.

Dimyati & Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta. 2006.

Djamarah, Syaiful, B. & Aswan, Z., Strategi Belajar Mengajar. Revisi ed. Jakarta : PT Rineka Cipta. 2010.

Dwikoranto, D., et al. Mobile learning to improve student collaborative skills: An alternative to online learning in the era of Covid-19 pandemic. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2020, 4.3: 259-271.

Garcia-Ponce, E., & Mora-Pablo, I. (2020). Challenges of Using a Blended Learning Approach: A Flipped Classroom in an English Teacher Education Program in Mexico. Higher Learning Research Communications, 10 (2). DOI:10.18870/hlrc.v10i2.1209

Hermawan, H., Menyimak. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2012.

Lestari, G Endang dan Maliki. Komunikasi yang Efektif, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara. 2003.

Makmur, Zulkifli; Arsyam, Muhammad; Alwi, Andi Muhammad Shaleh. Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 2020, 10.02: 231-241.

Moore, T., Biochemistry and Physiology of Plant Hormone. Berlin: Springer-Verlag. 1989.

Polanco-Bueno, R. (2013). Blogs, webinars and significant learning: A case report on a teacher training program for college teachers. Higher Learning Research Communications, 3 (1).DOI:10.18870/hlrc.v3i1.72

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. 2016.

Sulisworo, Dwi; Yunita, Lia; Komalasari, Arif. Which mobile learning is more suitable on physics learning in indonesian high school?. International Journal of Recent Contributions from Engineering, Science & IT (iJES), 2017, 5.1: 97-104.

Taylor, J. New millennium distance education. Dalam V. Reddy & S. Manjulika (Eds). The world of open and distance learning. New Delhi : Viva. (2000). Diunduh dari www.usq.edu.au/users/taylorj/publications_ presentations/2000IGNOU.doc

Weisman, M. (2021). Remote Community Engagement in the Time of COVID-19, a Surging Racial Justice Movement, Wildfires, and an Election Year. Higher Learning Research Communications, 11. DOI:https://doi.org/10.5590/10.18870/hlrc.v11i0.1225

Yusuf, Muhamad Fahrudin. "Implikasi Komunikasi Fatik dalam Meningkatkan Pembelajaran di IAIN Salatiga." Komunika 2.2 (2019): 22-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v5i1.11124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206