Komunikasi Persuasi Kiai Dalam Aktivitas Religius Santri Di Pondok Pesantren Al Isyraq Jakarta Barat

Farid Belgama Ridho, Irmulansati Tomohardjo

Abstract


Pondok pesantren salah satu lembaga pendidikan berbasis Islam, dengan Kiai sebagai komunikator dan santri sebagai komunikan,  yang menerapkan komunikasi persuasi untuk membangun tindakan religius santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi persuasif antara Kiai dan Santri dalam mendukung  aktivitas religius di lingkungan Pondok Pesantren Al Isyraq Kebon Jeruk Jakarta Barat. Kajian analisis mengacu pada teori interaksi simbolik dan konsep komunikasi persuasi.  Metode penelitiannya studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan pengamatan non partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi persuasi yang dilakukan Kiai adalah model persuasi respon kognitif, yang meliputi aktivitas memberikan nasehat, pujian, hukuman, kajian, proses mengajar di kelas serta melalui keteladanan. Hasilnya santri merasa nyaman, kerasan dan termotivasi mengikuti perintah Kiai. Selain itu santri merasa Kiai sebagai orang tua sendiri, juga sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan santri terhadap guru sesuai perintah agama. Santri mengikuti keteladanan dari perilaku Kiai, sehingga terbangun tindakan religius  berupa akhlak baik para santri.


Keywords


komunikasi persuasi; pondok pesantren; kiai

References


Abidin, Yusuf Zainal. Manajemen Komunikasi Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: CV. Pustaka Setia, 2021.

Creswell. John W, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Tradition. London: Sage Publication, 1998.

Charon, Joel M, Symbolic Interactionism: An Introduction, An Interpretation, An Integration. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2007.

Chatia Hastasari, Benni Setiawan, Suranto Aw, “Students’ Communication patterns of Islamic boarding school: the case of students in Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta,” Heliyon, Vol.8/No.1 (2022), DOI: https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e08824.

Denzin, Norman K, Yvonna S. Lincoln. Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Gregoria A. Yudarwati, “Appreciative inquiry for community engagement in Indonesia rural communities.” Public Relations Review. Volume 45. Issue 4. November (2019). https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2019.101833.

John L. Sherry, “The Complexity Paradigm for Studying Human Communication: A Summary and Integration of Two Fields,” Review of Communication Research, Vol. 3, No.1 (2015),

DOI:10.12840/issn.2255-4165.2015.03.01.007 https://www.rcommunicationr.org/index.php/rcr/article/view/15

Mohammad Muchlis Solichin, “Interrelation Kiai Authorities, Curriculum and Learning Cultur in Pesantren Indonesia,” Journal of Education in Muslim Society, Vol.5/No.1 (2018), https://doi.org/10.15408/tjems.v5i1.7781.

Mulyana, Deddy, Islaminur Pempasa, Rahim Asyik. Membongkar Budaya Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

Hidayat, Mansur. “Model Komunikasi Kiyai dengan Santri di Pesantren.” Jurnal Komunikasi ASPIKOM. Volume 2 / Nomor 6 / Januari (2016). DOI: http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v2i6.89

Nasvian, Moch Fuad, Bambang Dwi Prasetyo, Darsono Wisadirana. “Model Komunikasi Kiai dengan Santri (Studi Fenomenologi pada Pondok Pesantren “Ribathi” Miftahul Ulum).” Jurnal WACANA. Volume.16/No.4 (2013).

Fatma Laili Khoirun Nida. “Persuasi dalam Media Komunikasi Massa.” Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam AT-TABSYIR. Volume 2, Nomor 2, Juli-Desember (2014). DOI: 10.21043/at-tabsyir.v2i2.502

Pulungan, J. Suyuthi. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Prenada Media Group, 2019.

Rahmat, Jalaluddin. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2008.

Saputra, David, Abdul Syukur, Lutfi Muawanah. “Komunikasi Dakwah Antara Kiai dan Santri Dalam Analisis Strategi Dakwah di Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mukhlish Kalirejo Lampung Tengah.” Jurnal KOMUNIKA. Vol.3/No.2 (2020). DOI: https://doi.org/10.24042/komunika.v3i2.7352

Winarni, Ria. “Pengaruh Komunikasi Persuasif Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X di SMK Islam Sudirman Ungaran Tahun Pelajaran 2015/2016.” IAIN SALATIGA, 2015.

Yusuf, A.Muri. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

https://ponpessyafiiyahalishaaqy.gosch.id/slider-3/ diakses 2 Februari 2022

https://alisyraq.com/cikal-bakal/ diakses 2 Februari 2022




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v5i1.12511

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206