Stereotip Islam Teroris Dalam Novel “Tell Your Father That I Am A Moslem” Karya Hengki Kumayandi (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Umi Rojiati, Hagi Julio Salas

Abstract


Novel bisa menjadi media bagi pengarang untuk menuangkan permasalahan yang terdapat pada masyarakat kemudian diceritakan kembali dan menambah imajinasi sehingga bisa menarik pembaca. Novel dikatakan indah jika memuat amanat, pesan, gagasan, dan makna yang bermanfaat bagi pembaca. Novel “Tell Your Father that I am a Moslem” yang berisi, pesan, ide, dan makna yang bermanfaat bagi pembaca. Pesan akan diungkapkan oleh teori semiotika Roland Barthes, mencakup: (a) kode hermeneutik meliputi: teka-teki, rasa kesal, prasangka, respon dari berbagai peristiwa, jawaban, dan pertanyaan; (b) kode semantik (konotasi) meliputi: makna “berpenampilan aneh dengan menggunakan penutup kepala yang lebar dan mengenakan pakaian panjang.”, “dedaunan kering berguguran”, “dosa”, “magnet dan ia sendiri ibarat logam”, “teroris yang menghipnotis pikiran dan perasaannya”, “New York serasa kelabu malam itu”; (c) kode simbolik meliputi: lambang kebijaksanaan, lambang bentuk tubuh; (d) kode proaretik (sinopsis); (e) kode gnomik (kultural) meliputi: bahasa, sejarah, dan budaya.


Keywords


Semiotika Roland Barthes, Novel

Full Text:

PDF

References


Alex Sobur, Semiotika Komunikasi, Bandung: PT Remaja Rosydakarya, 2006

Burhan Nurgiyantoro, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan sastra, Yogyakarta: PT. BFE, 2001

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat, Jakarta: Gramedia.,2008

Jurnal Ilmu Komunikasi, Adi Bagus Nugroho, Pola Komunikasi Antar Budaya Batak dan Jawa di Yogyakarta, Vol. 1, Nomor 5, Juli 2012.

Kaelan, M. S.,Filsafat bahasa Semiotika dan Hermeneutika, Yogyakarta: Paradigma,2009.

Nurhayati Ginanjar, Pengkajian Prosa Fiksi Teori dan Praktik, Diktat. Surakarta, 2012

Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss penerjemah Dr. Dedy Mulyana, M.A. dan Gembirasari, Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v3i1.6582

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KOMUNIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206