Komunikasi Antar Pribadi Murobbi dalam Proses Taaruf pada Lembaga Darul Fattah Bandar Lampung

Nadya Amalia Nasution, Siti Samhati

Abstract


Pernikahan merupakan proses awal dari pembentukan sebuah keluarga, sehingga dibutuhkan cara yang paling tepat dalam pencarian pasangan hidup. Dalam agama Islam, pencarian pasangan tersebut dibenarkan dengan menerapkan konsep taaruf atau perkenalan. Penelitian ini memfokuskan pada komunikasi antarpribadi yang dilakukan murobbi/murobbiah terhadap mutarobbi laki-laki dan perempuan dalam proses taaruf, yang dianalisis berdasarkan lima aspek dalam paradigm humanistik dan pemahaman taaruf, pemahaman serta kesesuaian calon pasangan taaruf. Tujuannya adalah mengetahui, mendeskripsikan, dan menjelaskan komunikasi antarpribadi yang dilakukan murobbi/murobbiah dalam proses taaruf di Lembaga Darul Fattah Bandar Lampung. Penentuan penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive. Informan dalam penelitian ini adalah murobbi/murobbiah/guru yang melaksanakan proses taaruf. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik reduksi data, display dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah murobbi/murobbiah telah menunjukkan kelima aspek dalam paradigm humanistik pada pelaksanaan kegiatan komunikasi antarpribadinya dengan mutarobbi dalam proses taaruf..


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Baron, R.A & Byrne, D.E. Social Psychology. 10th ed. USA: Pearson, 2004.

DeGenova, M.K & Rice, P.P. Intimate Relationship, Marriages, and Families. New York: MC Grow-Hil, 2005.

Filah, Salim A. Baarakallaahu Laka Bahagianya Merayakan Cinta. Yogyakarta: Pro-U Media. Yogyakarta: Pro-U Media, 2011.

Hamdi, Isnadul. “Ta’aruf Dan Khitbah Sebelum Perkawinan.” JURIS (Jurnal Ilmiah Syariah), 2017. https://doi.org/10.31958/juris.v16i1.959.

Karim, Arika, and Dinie Desiningrum. “Dari Ta’aruf Hingga Menikah: Eksplorasi Pengalaman Penemuan Makna Cinta Dengan Interpretative Phenomenological Analysis.” Empati, 2015.

Muriah, Siti. Metode Dakwah Kontemporeri. Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2000.

Widiarti, Asri. Tak Kenal Maka Taaruf. Solo: Era Adicitra Intermedia, 2010.

Wuryandari, Mya., Endang Sri Indrawati, Siswati. “Perbedaan Persepsi Suami Istri Terhadap Kualitas Pernikahan Antara Yang Menikah Dengan Pacaran Dan Ta’aruf.” Http://Eprints.Undip.Ac.Id/, n.d.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/komunika.v3i2.7274

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 KOMUNIKA

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0

Creative Commons License

Komunika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © Faculty of Da'wah and Communication Sciences, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. e-ISSN: 2615-5206