PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP PEMAHAMAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 4 PESAWARAN

Karyanti Karyanti, Komarudin Komarudin

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian quasy experimental design, populasi penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 4 Pesawaran. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang dipilih dengan teknik acak kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kumon dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran tanpa kumon. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5%. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett.Berdasarkan hasil analisis data penenlitian diperoleh  sehingga  ditolak,  sehingga  ditolak,  sehingga  diterima. Berdasarkan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh kesimpulan (1) ada pengaruh pada penggunaan model pembelajaran kumon terhadap pemahaman matematis, (2) ada pengaruh pada peserta didik yang memiliki gaya kognitif field independent dan field dependent terhadap pemahaman matematis, (3) tidak terdapat interaksi antara perlakuan pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman matematis.

 


Keywords


Gaya; Konsep; Kumon, Matematis; Kognitif

References


Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi ke 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Candiasa, I. M. (2002). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif terhadap Kemampuan memprogram Komputer. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Jakarta , Vol. 4, No.3 .

Dinda Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar, 6(2), 40–52.

Junaidi, Y. A. (2013). Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII MTsN Sigli pada Materi Limas Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal FKIP Universitas Jabal Ghafur, Sains Riset , Vol. 3, No. 1.

Komarudin. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Pengajuan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret.

Mohamed, H. B. (2012). Kesan Penggunaan Perisian Pendidikan terhadap Pencapaian Pelajar Merentasi Gaya kognitif. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Malaysia.

Shiba, S. (2006). The Excellent Education System For One and A Half Million Children. Journal University Of Tsukuba Japan .

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ukai, N. (1994). The Kumon Approach To Teaching and Learning. The Journal of Japanese Studies , Vol.20, No. 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.