PERAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR ANALITIS SISWA SMK

Muhammad Nur Wahyu, Sugeng Sutiarso

Abstract


Desain pembelajaran memiliki peranan penting dalam kegiatan pembelajaran. Serang guru dapat menyusun desain pembelajaran dibuat sedemikian rupa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Guru dapat memilih strategi pembelajaran agar menciptakan pembelajaran aktif. Dengan pembelajaran aktif sehingga siswa dapat meningkatkan kemampuan berfikir analitis. Model–model yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan berfikir analitis adalah dengan model pembelajaran penemuan terbimbing. Diharapkan dengan model tersebut dapat meningkatkan pemahaman berfikir analitis siswa. Dipandang perlu adanya suatu metode dengan menerapkan metode penemuan terbimbing secara rinci. Untuk itu, model penemuan terbimbing dipancang cocok untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis siswa dalam pembelajaran matematika.


Keywords


Analisis; Berfikir; Matematika; Penemuan; Pembelajaran; Terbimbing

References


Cooney, T. D. (1975). Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. . Boston : Houghton Miffin Company.

Faizi, M. (2013). Ragam Metode Mengerjakan Eksakta pada Murid. Jogjakarta: Diva Pers.

Jornalism, S. (t.thn.). Diambil kembali dari http://wartawarga.gunadarma.ac.id/wpadmin/install.php/ artikel_takso nomi blom.

Padiya. (2008). Model-model Pembelajaran. Bandung.

Ruseffendi. (2006). , Pengantar Kepada Membantu Guru

Mengembangkan kompetensinya dalam Pengajaran Matematika. Bandung: Tarsito.

Winataputra. (2008). Materi dan Pembelajaran PKN SD. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.