PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBASIS LESSON STUDY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS

Agus Slamet Susanto

Abstract


Berdasarkan pra penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa VIII MTs N 1 Pringsewu masih rendah, maka penting bagi peserta didik untuk memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis dan awal matematis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design (desain eksperimen semu) dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 1 Pringsewu. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan teknik acak kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan awal matematis dan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa soal  dengan uraian, teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari hasil analisis dengan taraf signifikan 5 % diperoleh Fa = 9,650 > Ftabel = 3,998 sehingga H0A ditolak, Fb = 5,430 > Ftabel = 3,148 sehingga H0B ditolak, dan Fab= 1,500 < Ftabel = 3,148 sehingga H0AB diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) terdapat pengaruh  antara peserta didik yang memperoleh model Contextual teaching and learning (CTL) dan Contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, (2) terdapat pengaruh kemampuan awal matematis tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik (3) tidak terdapat interaksi antara faktor pembelajaran dan faktor kemampuan awal matematis siswa terhadap kemampu an pemahaman konsep matematis.

Keywords


Contextual; CTL; Matematis; Konsep.

References


Fadjar, S. (2009). Kemahiran Matematika. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mujib. (2015). Membangun Kreativitas Siswa Dengan Teori Schoenfeld Pada Pembelajaran Matematika Melalui Lesson Study. Al-Jabar, 6(1), 30–42.

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajarann. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alpabeta.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.