KARAKTERISTIK INTUISI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN PERBEDAAN GENDER

Nurul Zannah, Siska Andriani

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui karakteristik intuisi siswa laki-laki dan perempuan di SMK Ma’arif 1 Sendang Agung yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dalam memecahkan masalah pada pokok bahasan matrik, (2) Mengetahui karakteristik intuisi siswa laki-laki dan perempuan di SMK Ma’arif 1 Sendang Agung yang memiliki gaya kognitif field dependent (FD) dalam memecahkan masalah pada pokok bahasan matrik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berasal dari kelas X AP C SMK Ma’arif 1 Sendang Agung dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pemilihan subjek didasarkan pada dua kriteria, yakni: (1) berada pada kategori gaya kognitif FD dan FI, (2) jenis kelamin (laki-laki dan perempuan). Dalam penelitian ini diambil dua siswa dengan kategori gaya kognitif FD masing-masing dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan, dan dua siswa dengan kategoriFI masing-masing dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, sedangkan validitas data menggunakan teknik triangulasi waktu. Analisis data meliputi tiga kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Subjek laki-laki dan perempuan dengan kategori Field Independent (FI) dalam memahami masalah menggunakan intuisi; dalam membuat rencana penyelesaian menggunakan intuisi; dalam melaksanakan rencana penyelesain masalah dan dalam memeriksa kembali tidak menggunakan intuisi, (2) Subjek laki-laki dan perempuan dengan kategori Field Dependent (FD) dalam memahami masalah menggunakan intuisi; dalam membuat rencana penyelesaian menggunakan intuisi; dalam melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan dalam memeriksa kembali jawaban tidak menggunakan intuisi.


Keywords


Karakteristik Intuisi;Gaya Kognitif FD dan FI; Gender.

References


Agus, S. (2011). Profil Berfikir Intuitif Matematik. Bandung: Universitas Katolik Parahyangan.

Bostic, J.Q (1988).Cognitif Styles: Their Consolidation and Relationship, Beyond Cognitive Deelopmental Level and Critical Thingking Ability to Understanding Science. Disertasi Program Doktor Pendidikan Texas Tech University, Amerika Serikat.

Dani, S., St Budi, W., & Mashuri. (2012). Karakteristik Instuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan dan Perbedaan Gender. Aksioma .

Dani, S., St. Budi, W., & Mashuri. (2014). Keefektifan PBL Berbasis Nilai Karakter Berbantu CD Pembelajaran Tehadap kemampuan Pemecahana Masalah Materi Segiempat Kelas VII. . Unnes Journal of Mathematics Education, 3 (1).

Darma, A., & Ngilawajan. (2013). Proses Berpikir Siswa SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogi .

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ika, S. (2015). Representasi Siswa SMA Dalam Memecahkan

Masalah Nilai Optimum Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Math Educator Nusantara.

MZ, Z. (2013). Perspektif gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah. Vol. 12 No. 1 .

Rizky, Z., Firda, N., & Lukito, A. (2014). Profil Intuisi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Turunan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Vol.3 No.3.

Sugiyono. (2013 ). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.