PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN WEB DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR

Ayu Ulan Sari, Farida Farida, Fredi Ganda Putra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar pengajaran online (e-learning) pada materi bangunan ruang samping datar kelas VIII SMP N 1 Sekincau Lampung Barat. Penelitian ini merupakan penelitian Penelitian dan Pengembangan. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah: Potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, berbasis kertas mengalir ke komputer berbasis, validasi produk, uji coba produk, revisi setelah uji coba. Media pembelajaran siap disebarluaskan secara online. Hasil penelitian ini adalah website media pembelajaran matematika yang dapat diakses melalui internet dengan alamat Matematika-asik.pe.hu. Berdasarkan tanggapan dan peringkat validator dari Website, hasil yang baik dikategorikan. Hal ini menunjukkan bahwa situs media dengan pendekatan etnomatematik dapat digunakan sebagai media pembelajaran materi untuk membangun ruang sisi datar siswa SMP N 1 Sekincau Lampung Barat.

Keywords


Media; Matematika; Website

References


Albertus Nur Cahya Nugraha, d. (2015). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika pada materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk siswa SMP kelas VIII.

Erleni, d. (2015). Rancang Bangun alat bantu ajar matematika pada materi bangun ruang berbasis multimediaā€¯,Studi kasus SMP Negeri 01 Bangkinang Seberang.

Tandililing, E. (2013). Pengembangan pembelajaran matematika sekolah dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya local sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika disekolah. Seminar nasional matematika dan pendidikan matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.