PENGARUH MODELS ELICITING ACTIVITIES DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAKAN METODE SCAFFOLDING TERHADAP SELF DIRECTED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII

Harum Yeni Rachmah, Nanang Supriadi, Sri Purwanti Nasution

Abstract


Rendahnya self directed learning di SMP PGRI 6 Bandar Lampung disebabkan karena cara pengajaran guru yang masih menerapkan model pembelajaran Langsung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan self directed learning peserta didik yang menggunakan models eliciting activities dengan menggunakan metode scaffolding lebih baik dari pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP PGRI 6 Bandar lampung Tahun 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Ekxperimental Design dengan teknik simple random sampling, didapat kelas VII E sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII F sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan self directed learning. Uji coba tes meliputi validitas isi, tingkat kesukaran, daya beda, dan reliabilitas. Untuk uji normalitas menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua varians. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji-t. Dari hasil penelitian uji statistik menunjukkan bahwa nilai dari t_hitung berdasarkan perhitungan yang diperoleh t_hitung=2,135, dan t_tabel = 1,689 sehingga t_hitung>t_tabel, dengan taraf nyata 0,05 dengan kata lain H_0 di tolak dan terima H_1. Sehingga berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh models eliciting activities dengan menggunakan metode scaffolding terhadap self directed learning peserta didik kelas VII SMP PGRI 6 Bandar pada pokok bahasan bangun datar segitiga dan segi empat.

Keywords


Eliciting Activities, Scaffolding, Self Directed Learning.

References


Chamberlin, S. (2010). Matheatical Problems That Optimize Learning for Academically Advanced Students in Grades K-6. Journal of Advanced Academics, Vol. 22, No. 1.

Hamalik, O. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mamin, R. (2008). Applying of Scaffolding Study Method on Main Subject of Unsure Periodic System. E-Journal Universitas negeri Malang Jurusan Kimia Vol: 10 No: 2.

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muttaqin, M. D. (2014). Model Self-Directed Learning Melalui Kegiatan Vertikultur Terhadap Kemampuan Keterampilan Pertanian Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Rahmah. (2016). Pengembangan Media Berbasis Scaffolding Melalui Pendekatan Inquiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. Lampung: Tesis: Unila.

Setyawati, S.P. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa. Jurnal: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.