Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dengan strategi pembelajaran Learning Start With a Question dengan rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, serta untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi Learning Start With a Question lebih baik daripada rata-rata hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pringsewu yang berjumlah delapan kelas.dan sampelnya adalah siswa kelas VIII F dan VIII H yang ditentukan dengan cluster rundom sampling. Berdasarkan hasil analisis data dengan uji t dua pihak diperoleh bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Adapun besar perbedaannya adalah 13,44. Berdasarkan analisis data tersebut disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diperoleh menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dengan strategi Learning Start With a Question lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Halim, F.Z., Suroto dan Soerjono, B. 2013, Model Pembelajaran Cooperative dengan Pendekatan Active Learning pada Materi Aljabar, Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, Vol 1, No 1, Hal: 83-96.
Mia Syafrina, dkk (2012). Implementasi Strategi Learning Start With a Question dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMAN1 Padang. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 (1). 29-34.
Solikhah, F., Widiyanto dan Oktarina, N., 2012, Penerapan Strategi LSQ Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi, Economic Education Analysis Journal, Vol 1, No 2, Hal: 1- 8
Sumarna Surapranata. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Refbacks
- There are currently no refbacks.