Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe the Power of Two terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik

Desi Ratnasari, Subandi Subandi, Fredi Ganda Putra

Abstract


The purpose of this study is the use of the cooperative learning model of type of power of two is expected to be able to increase and provide a significant influence on understanding the mathematical concepts. The type of research conducted is quantitative research with a quasi-experimental method. The experimental design in the research carried out was the pattern of Only-posttest control group design. The results of the study data analysis obtained Ttable value taken at a significant level of 5% (0.05) with df = 75 obtained t_table = 1.9921 and t_count = 2.5889. The decision column is made based on the provisions of the t test, that is if t (count) ≥ t(table) (2.5889 ≥ 1.9921) stated that Ho is rejected and H1 is accepted. The conclusion of this study is that there is an effect of the use of the Cooperative Learning Model Type The Power of Two to understand the mathematical concepts of students in SMP PGRI 6 Bandar Lampung.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis, Kooperatif Tipe The Power Of Two

References


Astriani, L. (2017). Pengaruh pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 77–85.

Badrun, & Hartono. (2013). Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 120–134.

Dewi Purwanti, R., Dinda Pratiwi, D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Al-Jabar, 7(1), 115–122.

Heni, D. M. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Yang Dimodifikasi Dengan Tutor Sebaya Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk Siswa. Jurnal Edutama, 1(1), 1–7.

Herawati, O. (2010). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 70–80.

Hermawanto, Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(57), 67–76.

Hidayat, R., & Nurrohmah. (2016). Analisis Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs Lewat Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Software Geogebra Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. JPPM, 9(1), 12–19.

Indiati, I. (2008). Keefektifan Startegi Pembelajaran Kooperatif dan Problem Posing dengan Kombinasi Tutorial Online untuk Meningkatkan Pemahaman materi Mata Kuiah Fisika Dasar. Jurnal Media Penelitian Pendidikan, 2(2), 214–225.

Mukhoyyaroh, S., & Jazil, S. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share ) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTS Al-Irsyadiyah Dermolemahbang Sarirejo Lamongan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 23–44.

Murtono. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif CIRC, Jigsaw, dan STAD Terhadap Keterampilan Membaca Ditinjau Dari Kemampuan Logika Berbahasa. Kajian Linguistik Dan Sastra, 24(2), 187–198.

Mustofa, Z., Susilo, H., & Muhdhar, M. H. I. Al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 885–889.

Rohika, D. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Pada Siswa Kelas IV SD No.2 Beng Gianyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 221–228.

Sudarman, S. W., & Vahlia, I. (2016). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Quantum Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–282.

Sumarni, & Susanti, N. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Ekonomi. Economica, 4(1), 109–123.

Susanto, F., Suyitno, H., & Arifudin, R. (2014). Komparasi Model Pembelajaran TPS dan SFE Terhadap Kemampuan Konsep. Unnes Journal of Mathematics Education, 3(1), 63–68.

Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 338–349.

Wahyuningsih, E. (2008). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Aktivitas Siswa. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Wardani, D. T. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Tahun Ajaran 2014/2015. Equilibrium, 3(2), 105–112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.