MEMAHAMI KEMISKINAN DAN STRATEGI PENANGGULANGANNYA

Hanna hilyatiaulia, Roni Saputra

Abstract


Studi   ini   mengamati   masalah   kemiskinan   kronis   dan   rumit,   yang membutuhkan analisis memadai guna menampung setiap komponen dari permasalahan. Langkah-langkah strategis yang tepat dan berkelanjutan juga diperlukan untuk memecahkan masalah. Beberapa variabel yang digunakan untuk analisis hasil serangkaian strategi dan kebijakan untuk memberantas kemiskinan.  Sebagian  besar  program-program  pemerintah  untuk pemberantasan kemiskinan tidak begitu berhasil karena terjadi penyimpangan dalam pelaksanaan  dari rencana mereka. Seperti banyak negara lain seperti Amerika Serikat telah mencoba dengan beberapa perbedaan dalam pendekatan dan  penekanan  mereka,  Indonesia  juga  telah  melakukan sejumlah  upaya. Program-program pengentasan kemiskinan di Indonesia memberi lebih banyak penekanan pada aspek ekonomi daripada sosial, budaya, hukum dan bahkan religius. Ini kesalahan paradigmatik yang mengarah pada kesalahan analitis dan tidak menyertakan variabel-variabel yang signifikan bias menghasilkan perkiraan  dan  hasil  yang  tidak diharapkan.  Studi  ini  meneliti  lebih  lanjut strategi pemberantasan kemiskinan dan komponen yang memadai untuk pelaksanaan lebih baik.


Keywords


kemiskinan, INPRES, bantuan langsung tunai

Full Text:

PDF

References


Dalle Daniel. 2003. “Pemberdayaan Masya‐ rakat Miskin di Era Otonomi Daerah”. Jurnal Ekonomi Rakyat Tahun II, No. 2. Yogyakarta.

Sahdan, Gregorius. 2005. Menganggulangi Kemiskinan Desa. Artikel‐Ekonomi Rakyat dan Kemiskinan. Yogyakarta.

Hudiyanto. 2001. Pengantar Ekonomi Pemba‐ngunan. PPE UMY. Yogyakarta.

Huraerah, Abu. 2005. Strategi Penanggulangan Kemiskinan. www.google.com, Indone‐ sia.

McEachern, William A. 2001. Ekonomi Mikro, Terjemahan. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Prawoto, Nano. 2005. “Analisis Elastisitas dan Tingkat Kesulitan Realisasi Pene‐ rimaan

Sumber Keuangan Kabupaten Sleman”. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan Vol 6 No. 1. FE UMY

Wiwik Suhartiningsih. 2006. Kemiskinan danData Kemiskinan. www.google. com, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/slm.v2i2.10856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Salam Islamic Economics Journal published by the Faculty of Islamic Economics and Business, UIN Raden Intan Lampung - Indonesia.