DAMPAK KEMISKINAN TERHADAP DEVIASI SOSIAL DI KELURAHAN KELAPA TIGA KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT KOTA BANDAR LAMPUNG

Siti Badiah, Ellya Rosana, Fandi Muhammad Syahri

Abstract


Kemiskinan merupakan kondisi ketidak mampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya seperti pangan, sandang maupun papan. Kemiskinan tidak hanya dialami oleh masyarakat pedesaan saja namun masyarakat perkotaan pun mengalaminya. Kemiskinan berdampak negatif yakni menjadi awal penyebab seseorang melakukan tindakan deviasi sosial karena desakan tuntunan ekonomi. Permasalahan sosial ini dapat dijumpai di kelurahan Kelapa Tiga. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi kemiskinan di Kelurahan Kelapa Tiga Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung dan bagaimana dampak kemiskinan terhadap deviasi sosial di Kelurahan Kelapa Tiga Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu informan yang telah ditetapkan yaitu informan kunci, informan utama dan informan tambahan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan empat komponen utama yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan kesimpulan akhir. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontrol sosial.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi kemiskinan di kelurahan Kelapa Tiga dialami oleh masyarakat dengan pendapatan yang tidak dapat memenuhi kebutuhan pokoknya, tidak memiliki pekerjaan yang tetap, rumah yang tidak layak huni serta pendidikan yang rendah. Kemiskinan berdampak pada hal yang negatif yakni awal dari tindakan deviasi sosial. Upaya untuk mengatasi kemiskinan dan deviasi sosial sudah dilakukan oleh semua pihak terkait seperti pihak kelurahan, pihak kepolisian, tokoh Agama dan pihak tokoh masyarakat. Jenis deviasi sosial di kelurahan Kelapa Tiga sangat variatif seperti deviasi sosial negatif, primer, sekunder, individu, kelompok, situasional dan sistematik. Bentuk deviasi sosial yang variatif tersebut diantaranya pencurian, perjudian, minum- minuman keras dan penyalahgunaan obat-obat terlarang (narkoba). Selain kemiskinan, ternyata terdapat lain seseorang melakukan tindakan deviasi sosial yaitu faktor internal dan eksternal.


Full Text:

PDF

References


Abdulsyani. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018. Ahmadi, Abu. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Citra, 2009.

Attabiurrobi Annur, Reza. “Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan di Kecamatan Jekulo dan Mejobo Kabupaten Kudus.” Economis Development Analysis Journal 2, no. 4 (November 2013): 413.

Bhinadi, Ardito. Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat. Jogjakarta: CV Budi Utama, 2017.

Burlian, Paisol. Patologi Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Damsar, dan Indrayani. Pengantar Sosiologi Perkotaan. Pertama. Jakarta: Kencana, 2017. Departemen Agama RI. al-Qur’an dan Pemberdayaan Kaum Duafa. Jakarta: Aku Bisa, t.t. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1 ed. Jakarta: Balai

Pustaka, 1998.

Dulkiah, Moh., dan Nurjanah. “Pengaruh Kemiskinan Terhadap Tingkat Tindak Kriminalitas di Kota Bandung.” JISPO 8, no. 2 (Januari 2018): 44–45.

Edi Suwarsono, Sri. Sekitar Kemiskinan dan Keadilan. Jakarta: Cendikiawan Tentang Islam UI Press, 2007.

Erwan, dan Agus Purwanto. “Mengkaji Potensi Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Pembuatan Kebijakan Anti Kemiskinan di Indonesia.” Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM Vol. 10, no. 3 (2007): 301.

Ikawati, dan Sri Wahyuni. “Kondisi Kemiskinan di Perdesaan dan Perkotaan.” Jurnal Kesejahteraan Sosial Vol. 40, no. 2 (Agustus 2016): 199.

Imam Asyari, S. Patologi Sosial. Surabaya: Usaha Nasional, t.t.

Ishak, Mahmud. “Kemiskinan dan Pengaruhnya Terhadap Kejahatan dalam Perpektif Teologis dan Sosiologis.” Jurnal Muamalah 9, no. No. 1 (Juni 2013): 124.

Itang. “Penyebab Kemiskinan dan Cara Menanggulanginya.” Jurnal Ekonomi Islam IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten 1, no. 2 (Januari 2017): 5–6.

Julyati Hisyam, Ciek. Perilaku Menyimpang : Tinjauan Sosiologis. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2018. Maipita, I. Mengukur Kemiskinan dan Distribusi Pendapatan. Jogjakarta: UPP STIM YKPN, 2014. Maryati, Kun, dan Juju Suryawati. Sosiologi. Jakarta: Erlangga, 2006.

Moenandar Soelaeman, M. Ilmu Sosial Dasar- Teori dan Konsep Ilmu Sosial. Bandung: PT Refika Aditama, 2011.

Multifah. “Telaah Kritis Kebijakan Penanggulangan Kemiskinan dalam Tinjauan Konstitusi.” Journal Of Indonesia Applied Economics 5, no. 1 (Mei 2011): 5.

Mulyono, dan Edy S. Kemiskinan & Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2017. Nasir, Muhammad. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga di

Kabupaten Purworejo.” Jurnal Eksekutif Vol. 5, no. 4 (t.t.): 3.

Nasrullah Jamaluddin, Adon. Sosiologi Perkotaan : Memahami Masyarakat Kota dan Problematikanya. Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.

Noor Syaid, M. Penyimpangan Sosial dan Pencegahannya. Semarang: Alprin, 2019.

Prayetno. “Kemiskinan Terhadap Perbuatan Kriminal.” Jurnal Penelitian Universitas Negeri Medan

, no. 2 (Januari 2012): 2.

Ridwan, Muhtadi. Geliat Ekonomi Islam: Memangkas Kemiskinan, mendorong perubahan,. Malang: UIN Maliki Press, 2012.

Setiawan, Firman. “Kemiskinan dan Pengetasannya dalam Pandangan Islam.” Jurnal Dinar Ekonomi Syariah 1, no. No. 1 (2016): 7.

Subadi, Tjipto. Sosiologi. Surakarta: UMS, 2008.

Sumadi, Pungky. Analisis Wilayah Dengan Kemiskinan Tinggi. Jakarta: Bappenas, 2018. Sumodiningrat, Gunawan. Kemiskinan : Teori, Fakta dan Kebijakan. Jakarta: IMPAC, 2001.

Wuryati. “Fenomena Perilaku Menyimpang Remaja Di Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal.”

Journal of Educational Social Studies Vol. 1, no. 2 (2012).

Yusuf. Konsep Islam dalam Mengetaskan Kemiskinan. Surabaya: Bina Islam, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

JL. Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website :  http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/index 

 

DESKRIPSI GAMBAR