PENGEMBANGAN EKONOMI DAN PERUBAHAN SOSIAL (Studi Pada Karang Taruna di Desa Dono Arum Kecamatan Seputih AgungKabupaten Lampung Tengah)

Etik Sulastri

Abstract


Pengembangan ekonomi, sebelum adanya karang taruna masyarakat tidak ada kegiatan sehari-hari sehingga mengakibatkan penggaguran. Adanya program karang taruna ini dalam kegiatan pengembangan ekonomi model partisipatif adalah suatu pola yang dihasilkan proses kegiatan yang melibatkan berbagai pihak terkait sehingga meningkatkan kemampuan pada segala keseluruhan proses pengembangan ekonomi   di desa dono arum. Karang taruna diberikan modal oleh pihak kepengurusan desa untuk membuka usaha perdagangan dan membuat produksi yaitu keripik pisang dan keripik singkong. Adanya kegiatan program pengembangan ekonomi tersebut karang taruna mempunyai pemasukan, karang taruna mendapatkan gaji serta keuntungan yang diperoleh untuk mengembangkannya lagi dan mengadakan kegiatan di masyarakat yaitu mengadakan acara perlombaan saat bulan puasa. Pengembangan ekonomi dengan tujuan adanya suatu perubahan dalam kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam peneitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah kepala desa, ketua karang taruna, kepala urusan pemerintahan desa, sekretaris desa  berjumlah 4 orang serta anggota Karang Taruna Krida Muda beranggota 49 orang, total jumlah keseluruhnya 53 orang. Bertempatan di Desa Dono Arum Kecamatan Seputih Agung Kabupaten Lampung Tengah.

Full Text:

PDF

References


Ali Yafie dkk. Fiqih Perdagangan Bebas. Jakarta : Teraju, 2003.

Boediono, Seri Sinopsis Pengantar Ilmu Ekonom Ekonomi Mikro. Yogyakarta :Bpfe-Yogyakarta, 1982.

Laras, Hartono, Pedoman Dasar Karang Taruna, Jakarta: Kementerian Sosial Republik Indonesia, 2013.

Nur Rianto AL Arif, Euis Amalia. Teori MikroEkonomi: Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional. Jakarta: Prenadamedia Group, 2010.

Philipus, Ng & Aini, Nurul. Sosiologi dan Politik. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Soekanto, Soerjono. Sosologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2007.

Muhamad Mulhadianto, Selaku Ketua Karang Taruna, wawancara, 21 oktober 2018.

Sadiyo, Kepala Desa Dono Arum, Wawancara, pada tanggal 10 Desember 2018.

http://karangtaruna bhaktibulang.blogspot.com/2014/10/contoh-program-kerja-karang-taruna-secara-umum.html, Diakses tanggal 25 Juli 2019, Jam 21.00 Wib.

Https://thidi web.com/pengertian-pengembangan ekonomi-serta-prinsipnya. diakses tanggal 20 Mei 2019, jam 21.10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prodi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama

Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

JL. Sukarame, Kec. Sukarame, Kota Bandar Lampung, Lampung 35131

Website :  http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/sr/index 

 

DESKRIPSI GAMBAR