Bimbingan dan Konseling melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali

Neng Gustini

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan yang dirasakan terhadap program Pengembangan akhlak mulia siswa MA. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengidentifikasi akhlak siswa, menyusun serta menghasilkan program untuk mengembangkan akhlak mulia siswa MAN 1 Bandung berdasarkan pemikiran al-Ghazali. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kualitatif dilakukan pada studi pendahuluan untuk menentukan fokus penelitian, penentuan aspek-aspek untuk pengembangan instrumen penelitian. Sedangkan pendekatan kuantitatif dilakukan pada pemotretan karakteristik siswa, pembinaan akhlak mulia di MAN 1 Bandung. Strategi yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi metode deskriptif dan studi kasus. Hasil temuan di MAN 1 Bandung menunjukkan akhlak mulia siswa menurut aspek kekuatan ilmu berkategori sedang, aspek kekuatan mengendalikan marah berkategori tinggi, aspek kekuatan mengendalikan syahwat berkategori sedang, aspek kekuatan adil berkategori tinggi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut akhlak mulia siswa perlu ditingkatkan dan dikembangkan.


Keywords


Akhlak mulia, pemikiran al-Ghazali

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Azhar. (2005). Penghayatan Akhlak Pelajar Sekolah Menengah. (Online).

Ainur Rahim Fagih. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UUI Press. 2001.

Al-Ghazali. (1995). Ringkasan Ihya Ulumuddin. Jakarta: Pustaka Amani

Al-Jauziyyah, Ibnu Qayyim. (1417 H). Taman Orang-orang Jatuh Cinta (Terjemahan). Jakarta: darul Falah.

Asmaran. (2002). Pengantar Studi Akhlak, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Darajat, Zakiah. (2003). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Departemen Agama. (1974). Al-Quran dan Terjemahannya. Jakarta: PT. Intermesa.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Kurikulum KTSP Mata Pelajaran Akhlak. Jakarta: Dirjen Dikdasmen, Depdiknas.

Hamdani Bakran Adz-Dzaky. (2001). Konseling dan Psikoterapi Islam. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru

Hamzah Ya’qub. 1988. Etika Islam: Pembinaan Akhlaqulkarimah (Suatu Pengantar). Bandung: CV Diponegoro. Cet. IV.

Hawa Said. 1998. Mensucikan Jiwa. Jakarta: Rabbani Press.

Husain Fadlullah, Sayyid Muhammad. (2005). Dunia Remaja. Bandung: Pustaka Hidayah.

Juntika, Achmad. (2005). Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA Kurikulum 2004. Jakarta: Grasindo.

___________.(2006). Akhlak Mulia dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling Islami. Bandung: Rizqi Press.

Majid Fakhry. 1996. Etika dalam Islam. Terj. oleh Zakiyuddin Baidhawi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Musfir. (2005). Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani Press.

Nugrihentine, Tine. (2008). Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif berbasis Tugas Perkembangan Moral di TK Al-Jannah Kota Bandung. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Prayitno dan Erman Amti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmat Djatnika. 1996. Sistem Etika Islami (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas.

Rosyadi, Imron, Pelaksanaan Bimbingan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak Siswa MAN Sumpiuh, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007.

Shihab, M. Quraish. 1996. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan PT. Remaja Rosdakarya.

Thoha Musnamar. (1992). Dasar-Dasar Konseptual Bimbingan dan Konseling Islami, Yogyakarta: UII Press.

Thohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis Integrasi). Jakarta: Rajawali Press.

Utsman Najati. (2005). Psikologi dalam Alquran. Bandung: Pustaka Setia

Winkell & Sri Hastuti M.M. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Yahya Jaya. (2004). Bimbingan dan Konseling Agama Islam. Padang: Angkasa Raya.

Yunahar Ilyas. 2004. Kuliah Akhlaq. Yogyakarta: LPPI UMY. Cet. IV.

Yusuf & Nurihsan. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Yusuf, Rizal. (2006). Pemikiran al-Ghazali dalam Membina Akhlak Mulia. Tesis. Universitas Pendidikan Indonesia.

ZahrudinAR, M, & Hasanudin Sinaga. (2004). Pengantar Studi Akhlak. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v1i1.885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964