Kontribusi Pendidikan Karakter dan Lingkungan Keluarga terhadap Soft Skill Siswa SMK

Dianna Ratnawati Ratnawati

Abstract


Soft skill berperan penting dalam kesuksesan karier lulusan. Agar dapat meningkatkan kompetensi lunak (soft skill) maka perlu diperhatikan kualitas implementasi pendidikan karakter dan kondisi lingkungan keluarga. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap (1) kontribusi pendidikan karakter terhadap soft skill; (2) kontribusi lingkungan keluarga terhadap soft skill; dan (3) mengungkap kontribusi pendidikan karakter dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap soft skill siswa SMK Negeri se-Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Untuk menjawab tujuan penelitian digunakan analisis regresi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 TKR SMK Negeri se-Kota Malang sejumlah 555 siswa, sedangkan sampel penelitian diambil dengan teknik probability random sampling jenis sampling kelompok berjumlah 126 siswa. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum (1) terdapat kontribusi positif antara variabel pendidikan karakter terhadap soft skill dengan signifikansi sebesar 19,1%; (2) terdapat kontribusi positif antara variabel lingkungan keluarga terhadap soft skill dengan signifikansi sebesar 23,4%; (3) terdapat kontribusi positif antara variabel pendidikan karakter dan lingkungan keluarga secara simultan terhadap soft skill. Kedua variabel independen tersebut memberikan kontribusi sebesar 34,9% terhadap soft skill siswa, sedangkan dampak sebesar 65,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Full Text:

PDF

References


Angelis, B. 2005. Confidence (Percaya Diri). Jakarta: Gramedia Pustaka.

Anonim. 2009. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Faturochman. 2011. Peran Keluarga, Sekolah dan Masyarakat dalam Pembentukan Kepribadian Remaja. Jurnal psikologi. (Online), (http://fatur.staff.ugm.ac.id), diakses 2 Februari 2014.

Islami, F. A. 2012. Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan. Journal of Management, 1 (1).(Online), (http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr), diakses 19 April 2013.

Kemis, G & Kemis, M. 2011.Professional Presence and Soft Skills.Journal of Instructional Pedagogies, 2(1).(Online), (http://aabri.com/jip.html), diakses 15 Februari 2013.

Kushwaha, G. S. 2012. Role of Soft Skill and Personality Development. Education Research Journal, 2 (2).(Online), (http://www.resjournals.com/ERJ), diakses 15 Februari 2013.

Lickona, T. 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Mariah, S. dan Sugandi, M. 2010. Kesenjangan Soft Skills Lulusan SMK dengan Kebutuhan Tenaga Kerja di Industri. Jurnal Inovasi dan Perekayasa Pendidikan, 3(1).PTK,PPs,UNY.

Mustaqim, W. 2013. Pengaruh Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah Terhadap Perilaku Akademik Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan di SMK Piri 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1).(Online), (http://eprints.uny.ac.id), diakses 19 Juni 2013.

Neff, TJ dan J.M. Citrin. 2001. Lesson from The Top. Doubleday Business. New York.

Ormrod, J. E. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Pribadi, A. 2012. Penerapan Kurikulum Berbasis Karakter dalam Pengembangan Soft Skill Siswa SMK. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Samani, M. dan Hariyanto. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Schulz, B. 2008.The Importance of Soft Skills: Education Beyond Academic Knowledge. Journal of Language and Communication, 2 (1).(Online), (http://ir.polytechnic.edu.na), diakses 15 Februari 2013.

Shakir, R. 2009. Soft Skills at The Malaysian Institutes of Higher Learning. Asia Pacific Educ. Rev, 10 (3).(Online), (http://link.springer.com), diakses 15 April 2013.

Sudjimat, D. A. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Soft Skill melalui Pembelajaran pada Prodi PendidikanTeknik Mesin FT UM. Jurnal Teknologi dan Kejuruan, 33 (2).(Online), (http://journal.um.ac.id), diakses 8 Oktober 2013.

Utama, I. M. S, dkk. 2011. Konsep Pengembangan Panduan Evaluasi Pengembangan Soft Skills Mahasiswa melalui Proses Pembelajaran di Universitas Udayana. (Online), (http://staff.unud.ac.id), diakses 29 April 2013.

Wijayanto, A. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Kerja Karyawan. Jurnal Manajemen IKM, 6 (2).(Online), (http://repository.ipb.ac.id), diakses 8 Februari 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tadris.v1i1.887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License

Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licensep-ISSN 2301-7562e-ISSN 2579-7964