PERAN LITERASI MORAL MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK USIA DINI

Shanti Sudjarwati, Eni Fariyatul Fahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran penting literasi moral dalam lembaga yang bernuasa Islam memiliki kurikulum lokal  yaitu ke- Aisyiyahan dan Ke- Muhammadiyahan, serta mengembangkan pembiasaan sholat dhuha dengan tertib dan lancar dalam bacaannya, dan rajin bersedekah melatih rasa empati pada usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5  yang terdiri atas 17. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi. Data hasil penelitian dianalsis menggunakan teknik analisis data deskriptif.  Berdasarkan penelitian dan perhitungan diperoleh peningkatan dari angka  34 %  menjadi 66%  pada kriteria pengembangaan karakter sudah sholat dengan tertib dan lancar, sedangkan pada jum’at sedekah dari 34 % menjadi 66%  yang mencerminkan perilaku atau akhlak, budi pekerti , karakter religius juga signifikan karena sesuai target jumlah nominal yang diharapkan.


Keywords


Literasi Moral, Karakter Religius, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Afrida, Afrida. 2018. “Hakikat Manusia dalam Perspektif Al-Qur`an.” Al-Qisthu: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Hukum 16(2): 54.

Asmawati, Luluk. 2015. Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini.

Diana, Mutiah. 2010. بیماریهای داخلی Psikologi Bermain Anak Usia Dini.

Khaironi, Mulianah. 2017. “Pendidikan Karakter Anak Usia Dini.” Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi.

Khamalah, Nur. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah.” Jurnal Kependidikan 5(2): 200–215.

Lickona, Thomas. 2013. No Educating For Character Mendidik Untuk Membentuk Karakter, Bagaimana Sekolah Dapatkan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab.

Nurdiyanti, Eko dan Edy Suryanto. 2010. “Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Sisiwa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogia. 13(2): 116.

Pancarrani, Berlian, Isma Wakhidatul Amroh, and Yunita Noorfitriana. 2017. “Peran Literasi Orang Tua Dalam Perkembangan Anak.” BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informas: 21–27.

Priyanto, Aris. 2015“Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain.” Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif 0(2).

Rahman, Ulfiani. 2009. “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.

Selatan, Denpasar. 2019. “Dengan Pendekatan Holistik Putu Aditya Antara The Implementation Of Early Childhood Character Education.” 14(1): 17–26.

Siswanta, Jaka. 2017. “Pengembangan Karakter Kepribadian Anak Usia Dini (Studi Pada PAUD Islam Terpadu Di Kabupaten Magelang Tahun 2015).” INFERENSI 11(1): 97.

Wachidah, L.R, H Suwignyo, and N Widiati. 2017. “Potensi Karakter Tokoh Dalam Cerita Rakyat Sebagai Bahan Bacaan Literasi Moral.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(7): 894–901.

Widodo, Slamet dkk. 2015. “Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.5182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.