APLIKASI INVENTOR SEBAGAI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS ANDROID DI SMAN

Syafrimen Syafril, rizky fariz surenda, Heru Juabdin Sada, Mukti SY

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada saat pembelajaran, guru hanya terfokus pada buku paket, serta kurangnya media dalam proses pembelajaran sehingga siswa/siswi mudah merasa bosan karena tidak ada alat bantu yang dapat meningkatkan semangat belajar serta kegiatan belajar kurang menyenangkan. Dalam demikian peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengembangkan media pembelajaran PAI berbasis android dengan menggunakan aplikasi Inventor kelas XI IPS di SMAN 1 Seputih Mataram Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian dan pengembangan ini antara lain: untuk menghasilkan suatu produk berupa media PAI berbasis Android, untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan media PAI pada materi Beriman kepada Kitab-Kitab Allah swt dan Berani Hidup Jujur, serta untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap media PAI berbasis Android. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun hasil untuk mengetahi kualitas produk yang dikembangkan, peneliti menguji dengan melakukan penilaian. Penilaian tersebut terdiri dari validasi ahli materi dengan hasil persentase sebesar 80%, validasi ahli IT sebesar 79%, validasi ahli media dengan hasil persentase sebesar 80%, dan angket siswa dengan hasil persentase rata-rata sejumlah 74%.


Keywords


Android, Pengembangan, Inventor, Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Mujib, ‘A.01 Konsep Pendidikan Karakter Berbasis Psikologi Islam’, Journal Prosiding Seminar Nasional Psikologi Islami, 2012.

Ali Muhson, 'Pengembangann Media Pembejaran Berbasis Teknologi Informasi’, Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, (2014) .

Angga Bagja Nugraha, Taufik Ramlan Ramalis, and Purwanto, ‘Pengembangan Bahan Ajar Web Fisika SMP Berbasis Literasi Sains Pada Materi Kalor’, Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2.1 (2017).

Ani Ismayani 'Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dengan thunkable’, Jurnal Elex Media, 2019.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Jakarta : PT Raja Grafindo, 2014.

Departemen Agama RI, Al-Quran dan Terjemahannya, (Depok : Al-Huda, 2010).

Endar Suprih Wihidayat dan Dwi Maryono, 'Pengembangan Aplikasi Android menggunakan Integrated Developent Environment (Ide) App Inventor 2', Jurnal Ilmiah Edutic, 2017.

Heru Juabdin Sada, ‘Peran Masyarakat Dalam Pendidikan Perspektif Pendidikan Islam’, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2017.

Jurnal Sains Dan Informatika’, Jurnal Sains Dan Informatika, 2018.

Marti Widya Sari dan Hafid Hardyanto, 'Implementasi Aplikasi Monitoring Pengendalian Pintu Gerbang Rumah Menggunakan App Inventor Berbasis Android', Jurnal Eksis, 2016.

Mujib, ' Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Metode Pembejaran Improve’, Jurnal Pendidikan Matematika, (2016).

Nur Ahyat, ‘Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, EDUSIANA: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 2017.

Singgih Yuntoto, 'Pengembangan Aplikasi Android sebagai Media Pembelajaran Kompetensi Pengooperasian Sistem Pengendali Elektronik', Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 2015.

Sri Latifah, ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing Pada Materi Suhu Dan Kalor’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 2016.

Sugiyono, ‘Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Evaluasi’, (Jakarta, in Metodelogi Penelitian: 2017).

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D, (Jakarta, Alfabeta Cv: 2016).

Yaya Suryana, Dian Dian, and Siti Nuraeni, ‘Managemment Program Tahfidz Al-Quran’, Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 201.

Yoyon Efendi, 'Rancangan Aplikasi Game Edukasi Berbasis Mobile menggunakan App Invenntor', Jurnal Intra-Tech, 2018.

Yuberti, ‘“Penelitian Dan Pengembangan” Yang Belum Diminati Dan Prespektifnya’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/atjpi.v12i1.8956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Creative Commons License
Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reserved.