PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III MIN 10 BANDAR LAMPUNG

Syofnida Ifrianti, Yesti Emilia

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung. Oleh karena itu peneliti berupaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik  dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar obsevasi pada aktivitas belajar, tes pada hasil belajar. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus I sampai siklus II dalam proses pembelajaran dengan menggunakan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran. Pada Siklus  I  pertemuan I rata-rata aktivitas peserta didik 49,375 dan  rata-rata hasil sebesar 56,87. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 9 peserta didik dengan persentase 28,12%. Pada siklus I pertemuan II rata-rata aktivitas siswa 56,25 dan  dilihat dari rata-rata hasil test siswa adalah 65,16, peserta didik yang mencapai ketuntasan  17 peserta didik dengan persentase 53,12% pada siklus II pertemuan I rata-rata aktivitas peserta 69,375 dan rata-rata hasil tes siswa adalah 70,78. peserta didik yang mencapai ketuntasan 17 peserta didik dengan persentase 53,12%. Pada siklus II pertemuan II rata-rata aktivitas peserta didik 77,5 dan rata-rata hasil tes siswa adalah 79,53. Peserta didik yang mencapai ketuntasan 28 peserta didik atau 87,5 %  sedangkan 4 peserta didik dengan persentase 12,5% belum tuntas. Hal tersebut dapat di simpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas III MIN 10 Bandar Lampung.

 

Kata kunci: Aktivitas, hasil belajar, IPS, lingkungan, media pembelajaran.


Keywords


Aktivitas, hasil belajar; IPS; lingkungan; media pembelajaran

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad Susanto,Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013

Arif S Sardiman, Media Pendidikan,Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Hamzah B. Uno dan Satria Nina Lamatenggo, Menjadi Peneliti PTK yang Profesional,Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Kunandar, Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesioonal Guru, Raja Grafindo Persada,2011

Oemar Hamalik, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara,2012

Raja Abdullah, Alquran Dan Terjemah, Jakarta: Karya Toha Putra, 1971

Sardiman, Aktivitas Belajar, http://edukasi,kompasiana,com, diakses: tanggal 28 Desember 2015, Pukul 14:30 WIB

Sri Hartini dan Saring Marsudi Suwarno, Psikologi Pendidikan,Surakarta: FKIP UMS, 2008

Trianto, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara,2012




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search