Media Tiruan Materi Sistem Pernapasan pada Manusia

Yulivia Shinta, Rodhatul Jennah, Nur Inayah Syar

Abstract


Berdasarkan dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru M di kelas V (lima) bahwa penggunaan media pembelajaran saat mengajar masih jarang digunakan di sekolah. Adapun media yang digunakan guru berupa gambar dan buku pelajaran. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengembangan media bagi guru sehingga membantu siswa memahami materi sistem pernapasan pada manusia dan pembelajaran lebih menarik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media tiruan pada materi sistem pernapasan manusia kelas V (lima) di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket analisis kebutuhan dan angket penilaian kelayakan media. Berdasarkan penilaian dari ahli media adalah 93,33% dengan hasil kualitas kelayakan pengembangan media tiruan berada dikategori “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian ahli materi adalah 78,57% dengan hasil kualitas pengembangan media tiruan berada dikategori “Layak”. Dengan demikian, pengembangan media tiruan sudah dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Keywords


Pengembangan, Media Tiruan, Sistem Pernapasan

References


Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish. https://www.google.com/books?hl=id&lr=&id=oNOGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR6&dq=alfianika&ots=pBZsnlawdY&sig=tC7wDCvj9NFA7r1MJ0aFJbhEJwE

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I4.492

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Asiah, N., Shawmi, A. N., Megantara, S., & Wibowo, D. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas V pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 9–18. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V8I1.9130

Azwar, S. (2014). Penelitian Pengembangan. Pustaka Belajar.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. www.juliwi.com

Habibah, U., Ayu, D., & Wardhani, P. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Realia terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Kelas I. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.33654/PGSD.V1I2.798

Hamid, M. A. (2020). Media Pembelajaran. Yayadan Kita Menulis.

Hasanah, L. (2018). Penggunaan Real Object Dapat Meningkatkan Minat Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.54125/ELBANAR.V1I1.9

Hasnanto, A. T., & Kholifah, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif IPA Materi Organ Gerak Manusia Berbasis Adobe Flash Cs3 Kelas V SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 69–82. https://doi.org/10.3390/su12104306

Jasiah. (2017). Pemanfaatan Internet pada Matakuliah Ilmu Pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1), 65–86. https://doi.org/10.24256/JPMIPA.V5I1.267

Kuswariyanti, N. (2021). Pengembangan Media Realia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 3(2), 172–179.

Lestari, Y. (2019). Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 1 Sidokaton. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1–8.

Manggala, S. (2022). Penggunaan Media Tiruan dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Makna Bilangan pada Murid Autis Kelas Dasar III di SLB ABCD Aisyiyah Banggae Kabupaten Majene. e-Prints. (http://eprints.unm.ac.id/22264/12/JURNAL%20Syukma%20Manggala.pdf,

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177–186. https://doi.org/10.24042/AJPM.V8I2.2014

Mutia, R., Adlim, A., & Halim, A. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Pada Materi Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(2), 108–114. https://doi.org/10.24815/JPSI.V5I2.9825

Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Prosiding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV), 6(1), 902–909. https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555

Sari, A. H. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Media Realia pada Siswa Kelas 2 SD. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 52–58. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6835

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Tanjung, M. R., & Parsika, T. F. (2017). Pengembangan Aplikasi Multimedia Pengenalan dan Pembelajaran Origami dengan Pendekatan ADDIE. Seminar Nasional Informatika (SNIf), 1(1), 128–133. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/view/226/173

Wedyawati, Nelly, & Lisa, Y. (2019). Wedyawati, Nelly, and Yasinta Lisa. Deepublish.

Wibawa, R. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Tiga Dimensi Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Benda pada Siswa Tuna Netra. Jurnal Paedagogy, 5(2), 99–103. https://doi.org/10.33394/JP.V5I2.2597

Zulfiah, I. A., Hidayah, N., & Sastra Negara, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Virtual pada Kelas V SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(1), 59–68. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V9I1.10952




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i2.12505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search