SIKAP GURU KEPADA MURID (Membedah Kompetensi Sosial Sebagai Salah Satu Kompetensi Guru)

YOSEP ASPAT ALAMSYAH

Abstract


Guru dan murid, dalam aktivitas pendidikan, sama-sama memiliki posisi yang  strategis. Guru dengan murid dalam proses pendidikan memiliki sifat interdependensi. Guru butuh partisipasi murid dalam mengamalkan dan mengembangkan ilmunya. Murid membutuhkan bantuan guru untuk mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangannya. Keberhasilan atau kegagalan suatu pendidikan tidak akan terlepas dari kontribusi didalamnya. Ada keterkaitan erat antara mutu atau kualitas guru dengan keberhasilan atau  kegagalan pendidikan. Bila standar mutu guru baik maka pendidikan akan berhasil baik. Begitu juga sebaliknya. Standar kualitas yang dituntut dari seorang guru itu tidak hanya aspek fisik-material saja tetapi juga menyangkut aspek mental-spiritual dan intelektual. Diantara standar kualitas guru adalah dimensi kompetensinya. Ada empat macam kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Di sekolah atau di luar sekolah, guru-guru akan selalu berinteraksi dan berkomunikasi dengan dengan murid-muridnya Bagaimanakah guru seharusnya bersikap dan berkomunikasi kepada murid-muridnya terutama ketika dalam proses belajar-mengajar? Topik ini memiliki  keterkaitan erat dengan kompetensi sosial seorang guru. Dengan kajian kepustakaan, topik ini  akan dicoba untuk dibahas melalui analisis reflektif.


Keywords


Kompetensi sosial guru; sikap guru

References


Al Qur’an dan Terjemahnya.

al-Abrasi, Muhammad Athiyah. 1974. Dasar-Dasar Pendidikan Islam. terj. Bustami A. Gani dan Johar Bakri. Bulan Bintang. Jakarta.

al-Nahlawi, Abdurrahman. 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga, di Sekolah dan Masyarakat. terj. Herry Noer Ali. Diponegoro. Bandung.

Al-Syaibani, Omar Muhammad al-Toumi. 1979. Falsafah Pendidikan Islam. terj. Hasan Langgulung. Bulan Bintang. Jakarta.

Daradjat, Zakiah. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara. Jakarta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zaim. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Imam Barnadib, Sutari. 1995. Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis. Andi Offset. Yogyakarta.

Langgulung, Hasan. 2003. Asas-Asas Pendidikan Islam. Pustaka Alhusna Baru. Jakarta.

Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Pustaka Setia. Bandung.

Mujib, Abdul dan Jusuf Mudzakkir. 2008. Ilmu Pendidikan Islam. Kencana. Jakarta.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rakhmat, Jalaluddin. 2011. Psikologi Komunikasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Ramayulis. 2011. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia. Jakarta.

Redaksi Sinar Grafika. 2008. Undang-Undang Guru dan Dosen (UU RI No. 14 Th. 2005). Sinar Grafika. Jakarta.

Surakhmad, Winarno. 1986. Pengantar Interkasi Mengajar Belajar Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Tarsito. Bandung.

Undang-Undang Dasar 1945.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Bumi Aksara. Jakarta.

Yunus, Mahmud. 2010. Kamus Arab Indonesia. Wa Dzurriyyah. Ciputat.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v2i1.1282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search