Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca

Monika Priza Marta Febriana, Nelly Astuti, Siska Mega Diana, Sowiyah Sowiyah, Deviyanti Pangestu

Abstract


Terdapat peserta didik kelas V yang belum lancar membaca sehingga diperlukan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca agar kemampuan membaca siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca, kemampuan membaca peserta didik setelah diterapkan pojok baca, dan  dampak dan kendala dalam pelaksanaan gerakan literasi sekolah melalui pojok baca dalam meningkatkan kemampuan membaca. Metode penelitian dalam penelitian ini kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Data dianalisis meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi gerakan literasi sekolah melalui pojok baca telah sampai pada tahap pembiasaan dan tahap pengembangan. Tahap pembiasaan dilakukan dengan kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran dimulai dan tahap pengembangan dilakukan dengan kunjungan ke perpustakaan sekolah, adanya pojok baca kelas, serta adanya tim gerakan literasi sekolah. Kemampuan membaca mengalami peningkatan setelah diadakannya gerakan literasi sekolah melalui pojok baca, akan tetapi masih ada kendala yang dihadapi dalam penerapannya melalui pojok baca yaitu minimnya ruang kelas dan masih terbatasnya ketersediaan buku sehingga buku bacaan yang ada di pojok baca tidak diperbarui secara rutin.

Keywords


Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca, Pojok Baca

References


Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Al-Rosyid, H., Purnama, B. E., & Uly, I. (2021). Sistem informasi penjualan buku berbasis website pada toko buku standard book seller pacitan. Menulis Buku Digital Modern, 33.

Chumaidah, M., Jalil, A., & Hidayat, C. T. (2020). Taman Baca Masyarakat “Tholabul’ilmi” Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Desa Panduman Kecamatan Jelbuk. Journal of Community Development, 1(1), 19–24.

Dafit, F., & Ramadan, Z. H. (2020). Pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1429–1437.

Febriana, M. P. M. (2022). Analisis Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pojok Baca dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca di SD Kartika II-10 Jayaloka.

Hanum, A. E. (2021). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar melalui Program Membaca Menyenangkan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09(05), 1104–1111.

Hartyatni, M. S. (2018). Membangun budaya baca melalui pengelolaan media sudut baca kelas dengan “12345.” Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 6(1), 1–11.

Hayun, M., & Haryati, T. (2020). Program Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Dalam Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Siswa Sd Lab School Fip Umj. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79–89.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh literasi terhadap keterampilan membaca pada siswa kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6.

Kamal, D. B. (2018). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Media Ikan Darat Pada Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar.

Marimbun, A., & Tambunan, W. (2022). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 78–82. https://doi.org/10.33541/jmp.v11i2.4171

Muhammad, E. B., Sholichah, A. S., & Aziz, J. A. (2019). Pengaruh budaya membaca terhadap kemampuan berpikir kritis siswa di SMP Islam Al Syukro Universal Ciputat tahun 2019. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 332–343.

Naana, T. M. O., Mansyur, M., & Rabani, L. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar Melalui Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Siswa Kelas II SD Negeri 47 Kendari. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 77–86.

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi sebagai kecakapan hidup abad 21 pada mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40.

Pramayshela, A., Tanjung, E. Y., Pasaribu, F. Y., & Pohan, R. I. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Pada Anak Kelas 4 Sd. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 1(3), 111–125.

Puspitaningtyas, A. R., Rofek, A., Fernanda, P. T., Jamila, N., & Prabu, R. M. A. Q. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas IA SD Negeri 1 Mangaran Tahun Ajaran 2022/2023. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 444–450.

Riana, R. (2021). Kemampuan Membaca Kritis di Tinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Membaca pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 625–631.

Rochmah, Z., & Bakar, M. Y. A. (2021). Studi Kebijakan mengenai Gerakan Literasi Sekolah. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(2), 110–115.

Suryaman, M. (2015). Analisis hasil belajar peserta didik dalam literasi membaca melalui studi internasional (PIRLS) 2011. Litera, 14(1).

Susanti, D. I., Aminuyati, & Achmadi. (2019). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah untuk Meingkatkan Budaya Membaca di SMK Negeri 8 Pontianak. Equity In Education Journal, 1(1), 56–61.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Walyyunita, R., Indriati, D. K., Mustanfidah, A., & Fitriana, A. (2021). Dampak Gedget terhadap minat baca peserta didik SD/MI: Pengaruh gadget. Semai: Seminar Nasional Pgmi, 1(1), 555–568.

Zuhri, K. H. S. (2022). Implementasi Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik di SD IT Cita Mulia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v10i1.13725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search