Pembelajaaran Konsep Dasar Perkalian Melalui Media Dakon Pada Peserta Didik Kelas III

Nor Alfi Choiriyyah, Iin Fitriah, Tania Bilqish

Abstract


Kehidupan anak-anak tidak dapat dipisahkan dari permainan. Oleh karena itu permainan juga dapat dijadikan media dalam pembelajaran khususnya matematika. Permainan dapat menunjukkan sebuah fakta, konsep, keterampilan dan prinsip dalam matematika. Salah satu permainan tersebut ialah congklak/dakon. Dakon menjadi salah satu permainan tradisional Indonesia yang hampir berkembang di seluruh daerah Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengintegrasikan media permainan dakon dalam mengenalkan konsep dasar operasi hitung perkalian yang sangat penting bagi siswa. Operasi hitung bilangan sangat penting karena sering digunakan sehari-hari dan menjadi dasar dalam memahami konsep-konsep matematika selanjutnya. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dekriptif. observasi dan wawancara dengan guru kelas untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran matematika dikelas III SDN 01 Bulakbaru. Hasil pengamatan menunjukkan pengenalan pembelajaran matematika dengan permainan congklak untuk pengenalan konsep operasi perkalian bilangan terbilang cukup mudah digunakan serta di terima oleh para siswa untuk memudahkan memahami konsep dasar perkalian.

Keywords


Media Dakon, Operasi Hitung Perkalian, Pembelajaran Matematika.

References


Af'aliyah, A., Hilmiyati, F., & Khaeroni. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Operasi Perkalian dengan Media Dakon. Ibtida'i: Jurnal Kependidikan Dasar, 57-72. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v8i1.4732

Araujo, D. D., & dkk. (2013). Peningkatan Kemampuan Belajar Hitung Pada Anak Melalui Ragam Permainan Kreatif. Prosiding Elektronik PIMNAS, 1-9.

Dyah Ayu Kinesti, R., Taqiya, N., Nurfiani, S., Vina Pionika, R., Praharsini, A., & Makrufah, L. (2021). Melestarikan Kesenian Tradisional Melalui Permainan Tradisional Dakon Untuk Meningkatkan Karakter Anak Mi /Sd. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(3), 288–299. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara

Febrianti, C., Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2019). Pembelajaran Dengan Etnomatematika Congklak. Proiding Seminar NaionalMatematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika.

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 32-44. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Fitri, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sponges Dakon Pada Materi FPB Dan KPK Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IIISD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 171-178. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p171-178

Hasiana, I. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Dakon Terhadap Kemampuan Berhitung Angka 1-20 Pada Anak Kelompok B. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 47–60. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5425

Hatim, M., Hadi, M., & Huda, M. M. (2019). Dakota (Dakon Matematika) sebagai Media Penanaman Konep KPK dan FPB di Sekolah Dasar. EdubasicJurnal:urnal Pendidikan Dasar, 43-51. https://doi.org/10.17509/ebj.v1i1.26221

Isrokatun. (2021). Memahami Konep Dasar Matematika untuk PGSD. Jakarta: Bumi Aksara.

Khasanah, N. F., & Setyowati, S. (2015). Penerapan Permainan Dakon dalam Mengenalkan Konsep Bilangan pada Anak Kelompok A. PAUD Teratai, 4(2).

Khaeroni, K., & Nopriyan, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. Auladuna: Jurnal Pedidikan Dasar Islam, 76-93. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a7.2018

Mulyani, D., Cahyati, N., & Rahma, A. (2020). Pengembangan Media Permainan Dakon Untuk Kemampuan Berhitung Anak. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 161–173. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7232

Puspita, D., Hidayati, S., & Saudah, S. (2021). Permainan Dakon dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Muallimun : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keguruan, 1(1), 49–70. https://doi.org/10.23971/muallimun.v1i1.3215

Pangestika, R. R., & Yansaputra, G. (2019). Permainan Traditional Edukatif Ebagai Metode Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Semionar Nasional Pendidikan Dasar, 1. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7932

Purwasih, S. M. (2020). Pemanfaatan Dakon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi FPB dan KPK. Jurnal Pendidikan Matematika, 126-133. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.10087

Rahayu, R. (2016). Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding eminar Nasional Psikolog: Universitas Muria Kudus, 1-11.

Rohmasari, D. N. (2019). Minat Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 83-100. https://doi.org/10.31219/osf.io/k4dpt

Rohmatin, T. (2020). Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak Sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konfereni Ilmiah Dasar, 144-149.

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y. (2020). Media Dakon (Dakon Matematika) sebagai Solusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 160-116. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.517

Silfiana, N. (2019). Penggunaan Media Dakon dalam Memningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IIIMIS LAMGUGOB Banda Aceh (Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah). Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Trisnanni, N., & Sari, E. F. (2021). Keefektifan Model Realistik Mathematics Education Berbantu Media Dakon Terhadap Hail Belajar Perkalian. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 173-178.

Ulya, H. (2017). Permainan Tradisional sebagai Media dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Naional Pendidikan, 371-376.

Wati, E. E., & Purwanti, K. L. (2022). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Perkalian Melalui Penggunaan Media Tutup Botol Pada Siswa Kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Integrated Elementary Education, 29-42. https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10778

Widyastuti, Wijaya, A. P., Rumite, W., & Marpaung, R. R. (2019). Minat Siswa Terhadap Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Matematika, 83-100. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6750.83-100

Zayyadi, M., & Halim, D. (2019). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika). Pamekaan: Duta Media Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v9i2.15334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search