Kesesuaian Buku Tematik Terpadu pada Materi IPS bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Yulia Siska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian materi IPS dalam Buku Tematik untuk siswa kelas V di Kota Bandar Lampung yang meliputi: 1) Isi (content) buku ajar, 2) Organisasi buku ajar, 3) Bahasa, 4) Perwajahan (layout), dan 5) Kelengkapan pendukung buku ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan isi buku merujuk pada proyeksi Kurikulum 2013 yang diterapkan pada satuan pendidikan, yaitu belajar bermakna (meaningfull), belajar untuk menemukan (discovery), dan belajar secara konstruktif (construtivism). Buku Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar telah mencerminkan tuntutan kurikulum dengan memberikan penekanan pada partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran 

Keywords


Buku Tematik Terpadu, materi IPS, Sekolah Dasar

References


Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran ips di kelas tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90.

Cahyaningrum, N., Priyanto, W., & Rofian. (2020). Analisis Materi Pembelajaran IPS Pada Buku Ajar Tematik Terbitan Kemendikbud Kelas V SD Semester I. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 440–447. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/29769

El-Saleh, I. K. (2011). TEACHERS’ CONCERNS REGARDING THE ADOPTION OF THE NEW MATHEMATICS TEXTBOOK. Texas A&M University.

Fauzia, D. A., & Marmoah, S. (2020). Peningkatan Keaktifan Belajar dalam Pembelajaran IPS melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking pada Peserta didik Kelas IV Sekolah Dasar Ngadipurwo Blora. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 137.

Ghasya, D. A. V. (2017). Analisis Kelayakan Isi Dan Penyajian Muatan Pelajaran Ips Pada Buku Tematik Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3(3), 547. https://doi.org/10.26740/jrpd.v3n3.p547-561

Hakim, L. (2017). ANALISIS PERBEDAAN ANTARA KURIKULUM KTSP DAN KURIKULUM 2013. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 17(2), 280–292. https://doi.org/10.22373/jid.v16i1.590.5

Indonesia, K. P. D. K. R. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kantun, S., & Budiawati, Y. S. R. (2015). Analisis Tingkat Kelayakan Bahan Ajar Ekonomi yang Digunakan Oleh Guru di SMA Negeri 4 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 129–146.

Manurung, E. B., Warneri, & Syamsuri. (2021). Analisis Tingkat Kelayakan Buku Teks Ekonomi Yang Digunakan Oleh Guru Di Kelas X SMA NEGERI 10 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12), 1–10.

Mardikarini, S., & Suwarjo, S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru Dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 261–274. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12057

Moleong, L. J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Parera, H. R., & Suyanto. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 5(2), 165–177.

Ridho Pradita, M., & Lubis, F. (2018). Kelayakan Isi Dan Bahasa Buku Ajar Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama Kelas Viii Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 Penerbit Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Basastra, 7(4), 281–294. https://doi.org/10.24114/bss.v7i4.11739

Rihanah, A., & Irma, C. N. (2022). Kelayakan Isi Dan Bahasa Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Sirampog. Hasta Wiyata, 5(1), 32–42. https://doi.org/10.21776/ub.hastawiyata.2022.005.01.03

Saraswati, S. M., & Poerwanti, J. I. S. (2021). Analisis kelayakan isi buku siswa kelas v tema ekosistem di sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 449.

Sitepu, B. P. (2012). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Ulumudin, I., Mahdiansyah, & Joko, B. S. (2017). KAJIAN BUKU TEKS DAN PENGAYAAN: Kelengkapan dan Kelayakan Buku Teks Kurikulum 2013 Serta Kebijakan Penumbuhan Minat Baca Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan, Kemendikbud.

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66–73. https://doi.org/10.17977/um022v4i22019p066

Yanti, Y. (2016). Analisis buku ajar Fikih kelas VI (Studi komparasi di MI Sultan Agung dan SD IT Ar-Rohmah). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(1), 179–197.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v10i1.15757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search