Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Belajar Mandiri Peserta Didik Kelas IV SD/MI

Suhardiansyah Syah, Syofnidah Ifrianti, Indah Purnama Sari, Nur Asiah

Abstract


Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, peneliti menemukan bahwa pendidik lebih sering menggunakan alat bantu visual seperti gambar dan video YouTube sebagai media belajar. Namun, mereka jarang menggunakan perangkat lunak multimedia atau interaktif sebagai metode pengajaran. Oleh karena itu, siswa memerlukan alat pembelajaran interaktif dengan umpan balik berbasis pertanyaan untuk penilaian praktis. Untuk mendukung belajar mandiri baik online maupun offline, materi ini juga harus mencakup konten yang menyeluruh, seperti materi pembelajaran, komponen animasi, video, kuis, pengetahuan domain (KD), dan integrasi pengetahuan (KI). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media interaktif menggunakan Articulate Storyline pembelajaran tematik pada siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan untuk menilai umpan balik dari siswa dan pendidik terhadap media interaktif yang dikembangkan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan angket yang telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa, serta umpan balik dari pendidik dan siswa. Menurut penelitian tentang pembuatan multimedia interaktif berbasis alur cerita yang jelas pada pembelajaran tematik, ahli media mendapat skor rata-rata 92% dengan kriteria sangat layak, ahli materi mendapat skor rata-rata 86,57% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa mendapat skor rata-rata sebesar 85% dengan kriteria sangat layak, dan tanggapan guru mendapat skor rata-rata 97% dengan kriteria sangat layak. Tahap uji coba kelompok yang kecil memperoleh skor rata-rata 97% dengan kriteria sangat layak. Karya peneliti dianggap layak untuk digunakan berdasarkan uraian yang diberikan di atas.

Keywords


Media Pembelajaran Interaktif, Articulate Storyline, Pembelajaran Tematik

References


Anugrah, S. D. (2015). Pengaruh Penerapan Articulate Storyline Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/14824

Arwanda, P., Irianto, S., & Andriani, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(2). https://doi.org/10.35931/am.v4i2.331

Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.36709/amalilmiah.v1i1.8780

Firdawela, I., & Reinita, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Menggunakan Model Think Pair Share di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(2), 99–112. https://doi.org/10.33369/pgsd.14.2.99-112

Firmansyah, E. (2019). Penerapan Teknologi sebagai Inovasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 657–666. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5736/4117

Hardani, dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif dan Kualitatif. In Repository.Uinsu.Ac.Id (Issue April).

Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data - Google Books. In Andi (anggota ikapi). Penerbit Andi.

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57

Khusnah, N., Sulasteri, S., Suharti, S., & Nur, F. (2020). Pengembangan media pembelajaran jimat menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6(2). https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9603

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Nababan, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Geogebra Dengan Model Pengembangan Addie Di Kelas XI SMAN 3 Medan. Jurnal Inspiratif, 6(1).

Pratama, R. A. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Articulate Storyline 2 Pada Materi Menggambar Grafik Fungsi di SMP Patra Dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1). https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Putri, Kharisma, A., Andini, A., Astuti, N. P., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas V SD No Title. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 857–866. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH

Putri, R. F., Yulinda, R., & Laili, N. (2022). Pendampingan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Articulate Storyline. Jurnal Warta Desa (JWD), 4(1). https://doi.org/10.29303/jwd.v4i1.157

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 148. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649

Risma Agustina, Yudha Irhasyuarna, & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia Dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3). https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.119

Saputro, P. A., & Lumbantoruan, J. H. (2020). EduMatSains Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Articulate Storyline Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. In Edumatsains, Special Issue (Vol. 1, Issue 1).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan Research dan Development. Alfabeta.

Yumini, Siti & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3).

Zuniar Kamaruddin, M. (2021). Peninjauan Kurikulum Darurat (Dalam Kondisi Tertentu). 107–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v10i1.15763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0

________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search