MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

ARINI ULFAH HIDAYATI

Abstract


Abstrak
Pembelajaran di era sekarang ini tidak lagi memandang siswa sebagai gelas kosong yang merupakan hanya sebatas target untuk memenuhi kewajiban pengajaran. Pembelajaran yang ditargetkan pada abad ke-21 adalah pembelajaran yang bisa merangsang siswa menjadi pembelajar yang aktif, kreatif, kritis serta menyenangkan sehingga akan tercipta pembelajaran bermakna. Pembelajaran di Indonesia saat ini menggunakan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik diduga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Namun kendala yang diperoleh selama ini sangat sulit sekali bagaimana melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. keterampilan berpikir tingkat tinggi perlu dilatih bukan hanya pada siswa tingkat lanjutan namun harus dilatih sejak dini seperti pada siswa sekolah dasar. Oleh karena itu sebagai pendidik harus mempunyai terobosan supaya siswa terlatih berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan Taksonomi Bloom yang telah direvisi ada 6 keterampilan berpikir siswa yaitu mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Yang merupakan keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Pada pendekatan saintifik siswa dapat dilatih untuk berpikir tingkat tinggi dengan cara seperti pada kegiatan menanya guru dapat memberikan pertanyaan pancingan seperti What if ... (bagaimana jika ....?), what’s wrong ... (Apa yang salah ...?), what would you do ...( Apa yang akan kamu lakukan....?), dan what another ways ... (adakah cara lain...?). Keempat kata tanya ini dapat menjadi kunci untuk mengawali siswa bertanya pada tingkat yang advance sehingga dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa.
Kata kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, pendekatan saintifik, pembelajaran matematika sekolah dasar


References


DAFTAR PUSTAKA

L.W. Anderson dan D.R. Krathwohl. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing;A revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. Addison Wesley Lonman Inc. New York.

M.F. Atsnan, & R.Y. Gazali. 2013. Penerapan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Materi Bilangan (Pecahan). Prosiding Seminar Nasional Matematika Jurusan Matematika, FMIPA UNY, 54, 429-436

S. M. Brookhart. 2010. How to assess higher order thinking skillss in your classroom. ASCD. Alexandria.

W. Conklin & J. Manfro. 2012. Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.

W.Conklin & J. Manfro. 2010. Higher order thinking skills to develop 21st century learners. Shell Education Publishing, Inc. Huntington.

S. Krulik & J.A. Rudnick. 1995. The new sourcebook for teacing reasoning and problem solving in elementary school. Allyn and Bacon. Boston.

Ministery of Education Malaysia. 2002. Integrated curriculum for secondary schools curriculum specifications science form 2.

R. Pramukti, Usodo. B & S. Subanti. 2015. Eksperimentasi model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik pada materi bangun ruang ditinjau dari kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Se kabupaten Sragen Tahun Pelajarn 2014/ 2015. Jurnal elektronik pembelajaran matematika, 3 (66)

Republik Indonesia. 2003. Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional

R. Rosnawati. 2009. Enam tahapan aktivitas Dalam pembelajaran matematika untuk mendayagunakan berpikir tingkat tinggi siswa. Seminar Nasional 16 Mei 2009.

S. Rumini, M. D. Mahmud, S .Sundari, Y. Ayriza. 1995. Psikologi pendidikan. UNY Press. Yogyakarta.

J.R. Savery & T. M. Duffy. 1995. Problem Based Learning: An instructional model and its constructivist framework

Suherman, Turmudi, Suryadi Rohayati. 2003. Strategi pembelajaran matematika Contemporer. UPI . Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v4i2.2222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported License. ________________________________________________________________________________________________________