MEMBANGUN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY

SYOFNIDAH IFRIANTI

Abstract


Sebagai calon guru, para mahasiswa Prodi PGMI dibekali empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Dalam penelitian ini dikembangkan kompetensi pedagogik dan keterampilan dasar mengajar mahasiswa melalui Lesson Study.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah mahasiswa semester VI Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data yang sama dari tiga sumber yang berbeda. Sedangkan triangulasi metode dilakukan untuk mengecek kebenaran data melalui tiga teknik yang berbeda, yaitu observasi, wawancara, dan dokumen.

Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan lesson study menumbuhkan kompetensi pedagogik dan keterampilan dasar mengajar mahasiswa melalui komitmen yang kuat dari seluruh anggota tim, proses latihan  mengajar yang  terencana secara seksama, pelaksanaan yang dilakukan dengan tahapan yang sistematis dan berkelanjutan, serta saling memberi dan menerima saran dari orang lain.; (2) Kendala yang dihadapi: a) Keberadaan observer dapat mengganggu konsentrasi pengajar, b) observer hanya mencatat kesalahan/kekurangan selama proses pembelajaran, c) Kebanyakan fokus pengamatan pada guru, bukan pada proses pembelajaran, d) Pada tahapan diskusi, mahasiswa saling mengritik dan mengemukakan kelemahan rekannya; (3) Manfaatnya: a) mengamati dan belajar dari pengalaman orang lain, b) kualitas pembelajaran yang lebih baik, c) Melatih mahasiswa untuk lebih teliti dalam menentukan tujuan pembelajaran, mengenal cara berpikir peserta didik, dan memilih metode pembelajaran yang tepat, d) Dapat mengembangkan keahlian mengajar baik dalam perencanaan maupun selama proses pembelajaran.

Keywords


kompetensi pedagogik, keterampilan dasar mengajar

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik cet. Ke-4. Rineka Cipta. Jakarta.

Antonius. 2016. Buku Pedoman Guru. Yrama Widya. Bandung.

Asril, Zainal. 2015. Microteaching Edisi Kedua. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Barnawi dan M. Arifin. 2016. Microteaching: Teori & Praktik Pengajaran yang Efektif & Kreatif. Ar-Ruzz Media. Jakarta.

Ikhrom. 2015. Menyoal Kinerja Guru. Kaukaba Dipantara. Yokyakarta.

Forum Guru, “Empat Jenis Kompetensi Guru dan Penjelasannya”, http://forumguru.net/4-jenis-kompetensi-guru-dan-penjelasannya/

Hadi, Sutrisno. 2004. Metodelogi Research cet. Ke 1. Penerbit Andi. Yogyakarta.

____________. 2004. Metodelogi Research cet. Ke 2, Penerbit Andi. Yogyakarta.

____________.2004. Metodologi Research Jilid 1. Andi Offset. Yogyakarta.

Undang-undang. 2013. Himpunan Lengkap Undang-Undang Sisdiknas dan Sertifikasi Guru. Buku Biru. Jogjakarta.

Kamars, M. Dachniel. 1994. Kurikulum Untuk Abad 21 dalam Model Pengelolaan dan Penelitian Kurikulum. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Kunandar. 2009. Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

Leanne Miller. “Taking Professional Learning into the Classroom”. http://www.oct.ca/home.aspx?

Oktafian Budi Laksono, “Lesson Study”, http://gugustunasbangsa.blogspot.co.id/2012/03/lesson-study.html

Moleong, Lexy J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Jakarta.

S. Nasution. 1996. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: Bumi Aksara, Syafrina, Nur Indah, “Lesson Study”, http://lpmpriau.go.id/?p=210

Saebani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Pustaka Setia. Bandung.

Satori, Djam’an, et.al. 2013. Profesi Keguruan. Universitas Terbuka Cet.16.edisi1. Tanggrang Selatan.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Tuckman. 1978. Conducting Educational Research. Harcourt Brace Javanovich INC. New York.

Undang-undang. 2006. Undang-Undang RI nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, & Peraturan Mendiknas Nomor 11 Tahun 2005. Citra Umbara. Bandung.

Winarno , J.B. Situmorang. 2008. Pendidikan Profesi & Sertifikasi Pendidik. Saka Mitra Kompetensi. Klaten.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Terampil : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search