ANALISIS PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA SISWA DI SEKOLAH DASAR

https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Baiq Arnika Saadati, Muhamad Sadli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan budaya literasi di Sekolah Dasar Negeri 01 Kauman Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dianalisis dengan model interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan verification. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Proses pengembangan budaya literasi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu: (1) perencanaan pengembangan budaya literasi, diwujudkan dalam bentuk perumusan tujuan, perumusan program, perumusan strategi, dan pengelolaan sarana dan prasarana. (2) implementasi pengembangan budaya literasi. Implementasi pengembangan budaya literasi terdiri dari proses pembiasaan, pengembangan, dan pengajaran. (3) evaluasi dilaksanakan berupa evaluasi mingguan, bulanan, dan tahunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi pengembangan budaya literasi dapat meningkatkan kegemaran, ketertarikan, dan minat membaca pada siswa.


Keywords


Pengembangan Budaya Literasi, Minat Membaca.

References


Abidin, Yunus. Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

———. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. bandung: PT Refika Aditama, 2012.

Akhmad, Khabib Alia. “Pemanfaatan Media Sosial Bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Distro Di Kota Surakarta).” Duta.Com 9, no. 1 (2015). https://doi.org/2086-9436.

Alfarikh, Asif. “Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Pelajar.” The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 2017.

Anderson, Lorin W. A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assesing, A Revision of Bloom"s Taxonomy Of Education Objective. Pearson Education Group, n.d.

Antasari, Indah Wijaya. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan Di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas.” LIBRIA 9, no. 1 (2017). https://doi.org/10.1145/3132847.3132886.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Dalman. Keterampilan Membaca. jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Darmayanti, Riska. “Membangun Budaya Literasi Informasi Bagi Masyarakat Kampus.” Journal Iqra’ 10, no. 01 (2016). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.

Hidayat, Mansur. “Model Komunikasi Kyai Dengan Santri Di Pesantren.” Jurnal Komunikasi ASPIKOM 2, no. 6 (2016). https://doi.org/10.24329/aspikom.v2i6.89.

Iskandarwassid, and Dadang Sunendar. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya, 2010.

Kharizmi, Muhammad. “Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi.” Jurnal Pendidikan Almuslim 7, no. 2 (2019).

Kurniawan, Ciska, and Arja Sadjiarto. “Pemahaman Kode Etik Ikatan Konsultan Pajak Mengenai Hubungan Dengan Wajib Pajak Oleh Konsultan Pajak Di Surabaya.” Tax & Accounting Review 1, no. 1 (2013).

Kusmana, Suherli. “Pengembangan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 1, no. 1 (2017).

Megawati, Fika. “Kesulitan Mahasiswa Dalam Mencapai Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Efektif.” Jurnal Pedagogia 5, no. 2 (2016). https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3.

Mulyana, Dedy. Metodologi Penelitian Kualitatif, Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Mursyid, Moh. Membumikan Gerakan Literasi Di Sekolah. Yogyakarta: lembaga Ladang Kata, 2016.

Nurdiyanti, Eko, and Edy Suryanto. “Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Paedagogia 13, no. 2 (2010).

Pariwisata, Departemen Kebudayaan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. jakarta: Balai Pustaka, 2008.

Purnamasari, Hanny, Eka Yulyana, and Rachmat Ramdani. “Efektivitas Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) Berbasis Ekonomi Kerakyatan Di Desa Warungbambu Kecamatan Karawang.” Jurnal Politikom Indonesiana 1, no. 2 (2016).

Putra, Sasongko, Purwanto, and Kismartini. “Perencanaan Pertanian Berkelanjutan Di Kecamatan Selo” Prosiding Seminar NAsional Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan 2013, no. 1 (2013).

Riswani, Elza Firanda, and Ani Widayati. “Model Active Learning Dengan Teknik Learning Starts With a Question Dalam Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Akuntansi Kelas Xi Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 10, no. 2 (2012). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.910.

Rosa, Friska Octavia. “Analisis Kemampuan Siswa Kelas X Pada Ranah Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik.” Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika 1, no. 2 (2015). https://doi.org/10.3233/JAD-2012-111799.

Sardiman. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2009.

Shanty, Rendicka Mayang Nira, and Elisabeth Christiana. “Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Di SMPN Se-Kecamatan Bangsal Mojokerto.” Jurnal BK UNESA 3, no. 1 (2013).

Siroj, Muhammad Badrus. “Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi.” The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, n.d.,.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, Dan Disertasi. bandung: Alfabeta, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosda Karya, 2013.

Surgangga, Made Ngurah. “Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas.” Lembaga Penjamin Mutu, 2017.

Syahriyani, Alfi. “Optimalisasi Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa: Upaya Meretas Komunikasi Global.” Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial Dan Humaniora. 1 (2010).

Triyanto, Fuzi Afiza Fauziyah, and Muhammad Tesar Hadi. “Bahasa Sebagai Pendidikan Budaya Dan Karakter Bangsa.” Jurnal Salaka 1, no. 1 (2019).

Uno, Hamzah B. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2012.

Wulandari, Ranti. “Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim Internasional.” Jurnal Kebijakan Pendidikan UNY 6, no. 3 (2017).

Yuliana, Lia, and Suharsimi Arikunto. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2008.




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829

Article Metrics

Abstract views : 586 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search