ANALISIS PERKEMBANGAN NILAI AGAMA-MORAL SISWA USIA DASAR

https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184

Ifat Nabilah, Iswatun Khoiriah, Suyadi Suyadi

Abstract


Perkembangan nilai agama dan moral siswa usia dasar sangat patut dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis perkembangan nilai agama dan moral anak usia dasar yang tercapai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara. Subjek penelitiannya seorang peserta didik Kelas VI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung tercapainya nilai agama-moral anak pada subjek ada 4, yakni, internal diri anak, keluarga, sekolah dan lingkungan. Faktor tersebut harus saling mendukung, mengawasi, mengingatkan, membimbing, memberi contoh agar tercipta generasi bangsa yang taat beragama dan bermoral tinggi. Penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam mendidik perilaku agama-moral anak didik usia sekolah dasar.


Keywords


Perkembangan anak, Siswa Usia Dasar, Nilai Agama-Moral.

References


Amrah. (2013). Perkembangan Moral Anak Usia Sekolah Dasar. Publikasi Pendidikan.

Arifin, B. S. (2008). Psikologi Agama. Bandung: Pustaka Setia.

Asrori, M. (2012). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Damanik, C. (2018). Gara-gara cetak gol bunuh diri siswa SD dianiaya teman teman hingga masuk.

Desmita. (2006). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Farida, N., & Lestari, M. (2017). Analisis Perkembangan Moral Anak Usia Dini Yang Memiliki Ibu Tenaga Kerja Wanita (TKW) di TK Aisyiyah Bajang Mlarak Ponogoro. SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu Ilmu Sosial, 18(2), 140–144.

Fitria, R. (2016). Perkembangan Moral Siswa SMP Terhadap Permasalahan Lingkungan Pendulangan Intan Melalui Penyelesaian Masalah. In Proceeding Biology Education Conference (pp. 145–150).

Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak Usia Dini. Martabat: Jurnal Perempuan Dan Anak, 2(1), 92–116.

Hurlock, E. B. (1993). Perkembangan Anak (Jilid II). Erlangga: Erlangga.

Khairunnas. (2012). Psikologi Agama. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Kurtinez, W. (1992). Moralitas, Perilaku Moral dan Perkembangan Moral. Jakarta: UI Press.

Kusrahmadi, S. D. (2007). Pentingnya Pendidikan Moral Bagi Anak Sekolah Dasar. Dinamika Pendidikan.

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academia, Vol 1 No.2.

Muslih. (1987). Moral Agama, Suluh Kepribadian Pemuda Menghadapi Arus Budaya Massa. Dirjen Bimbaga Islam.

Safitri, L. N., & Aziz, H. (2019). Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96.

Winkel, W. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, S. (2005). Psikologi Belajar Agama: Prespektif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Yusuf, S. (2016). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5184

Article Metrics

Abstract views : 303 | PDF (Bahasa Indonesia) downloads : 192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
TERAMPIL is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search