Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Instant Assessment terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD

Meita Indriani, Maratul Qiftiyah

Abstract


Ketika guru menyampaikan materi pelajaran, ada beberapa siswa yang bermain, mengobrol sendiri, ada siswa yang mengantuk, dan menyandarkan kepala mereka di atas meja. Siswa kurang bersemangat untuk belajar, cenderung bosan, dan kurang tertarik pada materi yang disampaikan oleh guru, karena rata-rata pelajaran IPS materinya berupa narasi dan hafal, sehingga pembelajaran kurang efektif dan menyebabkan kebosanan yang berakibat pada siswa. Sehingga hasil belajar IPS tidak tercapai secara optimal sesuai dengan KKM yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi aktif tipe instant assessment terhadap hasil belajar IPS kelas V SDN 2 Perumnas Way Kandis. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain eksperimen non-equivalent group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas V di SDN 2 Perumnas Way Kandis, yang berjumlah 61 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah VA sebagai kelas eksperimen dari 31 siswa dan VB sebagai kelas kontrol dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes (post-test) dan kemudian dianalisis menggunakan microsoft excel. Jenis instrumen penilaian berupa tes lisan dan tes tertulis berupa pertanyaan pilihan ganda dan aspek yang dinilai dalam bentuk aspek kognitif. Berdasarkan hasil penelitian data yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 3.4615 > 1.67 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe instant assessment terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN 2 Perumnas Way Kandis.


Keywords


Strategi Aktif, Instant Assessment, Hasil Belajar, IPS.

References


Afandi, R. (2011). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85-98.

Amin, M. (2016). Pengaruh Mind Map Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.

Amir, A. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences). Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 1(1).

Ananda, R. (2018). Penerapan Pendekatan Realistics Mathematics Education (RME) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125-133.

Anshori, S. (2016). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Pendidikan Karakter. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(2).

Damanhuri, D., Hakim, Z. R., & Pratiwi, M. U. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPS. Jpsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(2), 156-165.

Dewi, N. P., & Siswanto, S. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instant Assessment Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Kompetensi Dasar Mengelola Kartu Utang Siswa Kelas XI Akuntansi 2 SMK Yapemda 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(2), 1-14.

Doly, M. (2015). Penerapan Strategi Instant Assessment Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa SMP Al Hidayah Medan TP 2013/2014. Edutech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(01).

Fajri, N., Yoesoef, A., & Nur, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Mtsn Meuraxa Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1).

Gemnafle, M., & Batlolona, J. R. (2021). Manajemen Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Indonesia (JPPGI), 1(1), 28–42.

Gunawan, R. (2013). Pendidikan IPS. Alfabeta.

Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90-98.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150-168.

Maryani, E., & Syamsudin, H. (2009). Pengembangan Program Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial. Jurnal Penelitian, 9(1).

Mehta, S. I. (1995). A Method For Instant Assessment And Active Learning. Journal Of Engineering Education, 84(3), 295-298.

Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Pramana, I. P. Y., & Suarjana, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Journal Of Education Technology, 2(4), 137–144.

Pratita, D. (2014). Penggunaan Media Kartu Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Di Smp. Parameter, 25(2), 86-94.

Pujiyanto, Y. (2021). Adaptasi Kebiasaan Baru Siswa Kelas VIII Terhadap Pembelajaran IPS Secara Daring Menggunakan Model Homeschooling. Jurnal Inovasi Pembelajaran Di Sekolah, 2(1), 27-39.

Raehang. (2014). Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Koomperatif. Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), 149–167.

Rahmad, R. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.

Ratri, S. Y. (2018). Digital Storytelling Pada Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pena Karakter, 1(01), 1-8.

Rohaniawati, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pakem Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Guru. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 155-172.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sabran, R. (2016). Perbedaan Individual Salah Satu Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2).

Sinambela, P. N. (2017). Kurikulum 2013 Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran. Generasi Kampus, 6(2), 1-14.

Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Garuda Wacana.

Soapatty, L., & Suwanda, T. (2014). Pengaruh Sistem Sekolah Sehari Penuh (Full Day School) Terhadap Prestasi Akademik Siswa SMP Jati Agung Sidoarjo. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 717-733.

Surahman, E., & Mukminan, M. (2017). Peran Guru IPS Sebagai Pendidik Dan Pengajar Dalam Meningkatkan Sikap Sosial Dan Tanggung Jawab Sosial Siswa SMP. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(1), 1-13.

Suyadi. (2015). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya.

Syofnidah &, A. D. P. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Selatan, Dengan Menggunakan Alat Peraga Jam Sudut Pada Peserta Didik Kelas IV SDN 2 Sunur Sumatera Ariska. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 1–19.

Wirawati, D. (2018, November). Strategi Pembelajaran Active Learning Bagi Guru Sd Se-Kecamatan Seyegan. Seminar Nasional SAGA# 3 (Sastra, Pedagogik, Dan Bahasa), (1)1, 38-45.

Yarsi, A. (2017). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Instant Assessment Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 04 Kampung Olo. UNES Journal Of Education, 1(1), 022–030.

Yunita, A. R., Ningsih, K., & Wahyuni, E. S. (2009). Pengaruh Model Word Square Disertai Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Submateri Bryophyta SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(2).

Zusnani, I., & Murfi, A. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have (QSH) Pada Mata Pelajaran Fiqh Di Mts Negeri 9 Bantul. Edulab: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(1), 84–102.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search