Pengaruh Model GDL terhadap Keterampilan Bertanya dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD

Loliyana Loliyana, Ferrenita Septianti, Ujang Efendi

Abstract


Masalah penelitian ini adalah keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Gedong Air masih rendah. Tujuan penelitian ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negerib6 Gedong Air. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimental design menggunakan bentuk one-group pretest-posttest design. Populasi berjumlah 70 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan berjumlah 36 orang. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya peserta didik kelas V SD Negeri, ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri, dan ada pengaruh model pembelajaran guided discovery learning terhadap keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas V SD Negeri 6 Gedong Air Bandar Lampung tahun ajaran 2019/2020


Keywords


Guided discovery learning, pemecahan masalah, keterampilan bertanya, matematika

Full Text:

PDF

References


Amir, A., & Si, M. (2014). Pembelajaran matematika SD dengan menggunakan media manipulatif. Forum Paedagogik., 6(1), 72–89.

Astuti, M. S. (2015). Peningkatan keterampilan bertanya dan hasil belajar siswa kelas 2 SDN Slungkep 03 menggunakan model Discovery Learning. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 10–23.

Febriana, D., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2015). Pengembangan multimedia interaktif berbasis group discovery learning (GDL) pada materi protista kelas X SMA Negeri Karangpandan. Inkuiri, 4(2), 97–108.

Gholamian, A. (2013). Studying the effect of guided discovery learning on reinforcing the creative thinking of sixth grade girl students in qom during 2012-2013 academic year. AENSI Journals, Journals of Applied Science and Agriculture, 8(5), 576–584.

Gunantara, G., Suarjana, I. M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1).

Hidayat, J. A. (2022). Upaya meningkatkan keterampilan berbicara dan motivasi belajar peserta didik dengan strategi sosiodrama pada muatan bahasa indonesia kelas VI MI MA’ARIF Klangon Tahun Pelajaran 2021/2022. PEDIR: Journal of Elementary Education, 2(1), 1–22.

Koryati, D. (2020). Meningkatkan kompetensi pedagogik pendidik dan hasil belajar ekonomi melalui guide discovery learning models. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(2), 165–182.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya penalaran matematika dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 588–595.

Lestari, R. (2017). Profil keterampilan bertanya siswa pada pembelajaran Biologi SMAN 1 Bandar Lampung. Universitas Negeri Lampung.

Loliyana, L., Septianti, F., & Efendi, U. (2020). Pengaruh model GDL terhadap keterampilan bertanya dan kemampuan pemecahan masalah matematika SD. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 89–96.

Mahesa, A., & Yerimadesi, Y. (2022). Pengaruh penerapan model GDL berbasis LSLC terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 15 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1055–1059.

Mayer, R. E. (2014). The cambridge handbook of multimedia learning. Cambirdge University Press.

Mulyasa. (2015). Guru dalam implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.

Muna, I. A. (2017). Model pembelajaran POE (predict-observe-explain) dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses IPA. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–92.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Priadi, M. A., & Riyanda, A. R. (2021). Pengaruh model guided discovery learning berbasis e-learning terhadap kemampuan berpikir kritis. IKRA-ITH Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 5(2), 1–13.

Rulyansah, A., & Sholihati, M. (2018). Pengembangan modul berbasis kecakapan hidup pada pelajaran matematika sekolah dasar. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 3(2), 194–211.

Sulistyowati Nastiti, Dkk. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery. Chemistry In Education, 2(2252).

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar pkn peserta didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 30–41.

Umarela, S. H., Hairida, H., & Harun, A. I. (2017). Pengaruh model GDL disertai feedback terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi hidrolisis garam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search