Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe pada Tema 3 Kelas III

Deri Firmansah, Dicki Fauzi Firdaus

Abstract


Media pembelajaran yang selama ini digunakan masih memiliki kelemahan yaitu media tidak dapat digunakan belajar secara mandiri dan kurang menarik karna, hanya berupa gambar dan audio. sementara peserta didik pada tahapan kelas 3 sekolah dasar membutuhkan media yang dapat membuat mereka merasa tertarik dengan belajar salah satunya dengan menggunakan media yang menarik dan dapat digunakan belajar secara mandiri di rumah. Salah satu media yang dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi pembelajaran dan menumbuhkan minat belajarnya yaitu media video interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe pada tema 3 kelas III. Untuk mengetahui kelayakan dan respon dari guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran video interaktif dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe. Penelitian dijalankan menggunakan Research & Development. Tahap validasi desain melibatkan empat orang subjek (dua orang ahli materi dan dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan materi, kelayakan media dan kebahasaan. Tahap uji coba melibatkan 41 orang peserta didik (15 peserta didik uji coba kelompok kecil dan 26 peserta didik uji coba kelompok besar) dan 2 orang guru dilibatkan untuk melihat keefektifan video interaktif dengan menggunakan aplikasi sparkol videoscribe tersebut. Lembar validasi digunakan untuk melihat  kelayakan oleh para ahli. Sedangkan respon guru dan peserta didik dikumpulkan menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berbantuan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai kelayakan oleh ahli materi sangat baik (3,727) dan nilai kelayakan oleh ahli media sangat baik (3,6105) sedangkan nilai kelayakan oleh ahli nilai-nilai keislaman sangat baik (85,71%). Respon peserta didik sangat menarik (3,4733 uji coba kelompok kecil dan 3,5692 uji coba lapangan), respon uji coba guru sangat menarik (3,7085). Ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif dengan menggunkan aplikasi sparkol videoscribe yang dihasilkan dalam penelitian ini dianggap layak digunakan dalam pembelajaran tema 3 kelas III.

Keywords


Media Pembelajaran, Video Interaktif, Sparkol Videoscribe

References


Abduh,Muhammad, Nugroho, I. (2015). Evaluasi Pembelajaran Tematik Dilihat Dari Hasil Belajar Siswa. Indonesian Journal Of Curriculum and Educational Technology Studies, 1(1), 1-9.

Adam, Steffi, M. T. S. (2015). Berbasis, Pemanfaatan Media Pembelajaran Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2).

Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.

Al Munawwarah. Rofiqah. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430-437.

Busyaeri, Akhmad, Tamsik Udin, A. Z. (2016). Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di MIN Kroya Cirebon. Jurnal Al Ibtida, 3(1), 116-137.

Dewi, Luh Made Indria, N. L. R. (2016). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Setting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Putra, 1(1), 31-46.

Dewi, R. K. (2018). Pengembangan Video Interaktif Pada Pembelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(4), 371-381.

Fransisca, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran IPA Dalam Materi Tata Surya Kelas VI SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916-1927.

Harianja, A. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 6 Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V SD Negeri 11 Huta Bolon TA 2020/2021 [Phd Thesis]. UNIMED.

Hidayah, Nurul, R. K. U. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negeri Katon Pesawaran. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 4(1), 34-46.

Kadir, Abd, H. A. (2015). Pembelajaran Tematik. Raja Grafindo Persada.

Karo-Karo, Isran Rasyid, R. (2018). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal AXIOM, 7(1), 91-96.

Komikasari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Tadris Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15-22.

Kusmawati, H., & Surachman, A. I. (2019). Glokalisasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Aliyah Keagamaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 98–115.

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh Permianan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 124-142.

Pamungkas, Aan Subhan, D. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 127-135.

Pane, Aprida, M. D. Dasopang. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Permatasari, Iseu Synthia, Nana Hendracipta, A. S. Pamungkas. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Hands Move Dengan Konteks Lingkungan Pada Maple IPS. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 34-48.

Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Prenada Media.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika Dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42-47.

Qiftiyah, Maratul, Y. Yanti. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an. Terampil Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 275-286.

Rahman, A. (2012). Pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Islam-Tinjauan Epistemologi Dan Isi-Materi. Jurnal Eksis, 8(1), 2053–2059.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia.

Simanjuntak, E. B. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Tema 7 Sub Tema 2 Siswa Kelas IV SD Negeri 030355 Parratusan. School Education Journal PGSD Fip Unimed, 11(3), 269–278.

Wiarto, G. (2016). Media Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Laksitas.

Yusnia, Y. (2019). Penggunan Media Videoscribe Dalam Pembelajaran Literasi Sains Untuk Mahasiswa PGPAUD. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(1), 71-75.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search