Strategi Pembelajaran Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di Era New Normal

Partono Partono, Uun Fitriyani, Robbiatul Alawiyah, Alfi Izza Maghfiroh, Innarotut Darojah

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang strategi pembelajaran SIKL yang di hadirkan dampak adanya  pandemi  Covid-19.  Proses pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui proses dan stategi pembelajaran di SIKL. Hasil dari penelitian menunjukkan terdapat pembagian kategori siswa   seperti high risk” dan “low risk, lalu penggunaan aplikasi  RPP digital yang lebih fokus dan berorientasi pada kompetensi peserta didik, selain itu menerapkan protokol kesehatan yang mengharuskan para guru dan staf kebersihan sekolah menyiapkan sekolah agar sesuai dengan aturan New Normal seperti wajib memakai masker, melakukan cek suhu badan, menata ruang, social distancing, dan pengaturan satu kelas hanya dapat menampung 15 siswa. Kelas juga dilengkapi dengan handsanitizer. Sebagai sekolah yang berintegritas, SIKL memiliki beberapa strategi inovasi dan treatment yang harapannya bisa memberi pengaruh positif kepada siswa yakni meliputi fokus metode mengajar, kurikulum, relasi antar guru dan siswa, dan disiplin sekolah.


Keywords


Strategi Pembelajaran SIKL, Era New Normal

Full Text:

PDF

References


Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Budaya Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Jurnal Eduscience, 6(2).

Aini, Nur. (2020). Sekolah Indonesia di Kuala Lumpur Akan Kembali Dibuka. Republika

Alnashr, M. S. (2018). Analisis Faktor Penghambat Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Pembelajaran Tematik (Studi Kasus di MI Al-Hikmah Kajen, Margoyoso, Pati). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 191-210.

Astuty, W., & Suharto, A. W. B. (2021). Desain Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Daring dengan Kurikulum Darurat. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 81-96.

Darmawati, S. H. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter Bagi Guru Dan Siswa Dengan Penerapan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SMP 32 OKU. In Prosiding Seminar Nasional (114-119).

Ibda, H. (2017). Urgensi Pemertahanan Bahasa Ibu di Sekolah Dasar. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 2(2), 194–207.

Itsnaini, A. N., Munawaroh, D. A., Widyastuti, S. W., Sholihah, N., & Hanik, E. U. (2021). Implementasi Pembangunan Karakter dan Kreativitas Pembelajaran Siswa Melalui Program Utama Pada Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 14-23.

Khoriah, S. N., Rizkia, N. M., Awwaliyah, A. F., Ramadhani, A. D., Umam, A. M., & Mubarok, H. (2021). Pembelajaran Sekolah Indonesia Luar Negeri di Tengah Pandemi Covid-19 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (Sikl) Dan Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH). Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 1(2), 129-145.

Lusiana, S. N. E., Mardliyah, U., Humaidah, H. N., Safaah, R. N., & Ahsani, E. L. F. (2021). Analisis Pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Dalam Upaya Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Era New Normal. BADA'A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 30-48.

Manullang, B. (2013). Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 1, 1–14.

Mubarok, H., Swastika, Y. I., Ainun, A., Hamdanah, S. U., Lestari, P. D., & Saifuddin, M. A. (2021). Penerapan Pendidikan Jarak Jauh (Pjj) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Sidh Belanda dan SIKL Malaysia. ISLAMIKA, 3(1), 82-96.

Musoffa, S. (2021). Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 18(1).

Rohmatullah, R., Dafik, D., & Slamin, S. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Investigasi Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Moodlepada Subpokok Bahasan Trigonometri Kelas X SMA. KadikmA, 4(2).

Ristekdikti. (2018). Ristekdikti Kreatif dan Inovatif di Era Revolusi Industri4.0. Media Pustakawan, 8(1), 1–56.

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119.

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana.

Setyani, S., Zuliyana, F., Rofitrasari, R., Amelia, N., & Ahsani, E. L. F. (2021). Analisis Sistem Pendidikan di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL): Perspektif Guru. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14(1), 70-79.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Sulfasyah, S., & Arifin, J. (2016). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Umar, B. (2022). Hadis Tarbawi: Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. Amzah.

Wardani, K. (2010). Peran Guru Dalam Pendidikan Karakter Menurut Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. In Proceeding of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI &UPSI. 8-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i1.7573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search