Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Kearifan Lokal Budaya Lampung Selatan Tema Indahnya Keberagaman Kelas IV MI/SD

Diah Rizki Nur Kalifah, Aninditya Sri Nugraheni

Abstract


Pendidik dalam mengimplementasikan bahan ajar LKPD tematik masih belum menyentuh pada ranah kearifan lokal daerah setempat, terlebih mengaitkan dengan daerah Lampung pada pembelajaran yang berlangsung. Dengan mengaitkan materi ajar yang disajikan melalui bahan ajar LKPD secara tidak langsung siswa akan mengenali daerah setempat. Studi penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendesain sumber belajar berupa LKPD tematik berbasis kearifan lokal kabupaten Lampung Selatan. Peneliti juga ingin mengetahui dari pengembangan yang dibuat apakah layak untuk siswa dan guru dalam pembelajaran kelas IV MI/SD. Peneliti menggunakan metodologi penelitian Research and Development yang dikembangkan Borg and Gall. Data yang dikumpulkan peneliti berasal dari wawancara, observasi, dan lembar penilaian berupa ceklis yang diberikan kepada siswa dan guru kelas IV MI/SD. Peneliti menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan studi penelitian bahwa telah dikembangkannya LKPD tematik yang berbasis kearifan lokal daerah Lampung Selatan yang dibuktikan melalui skor penilaian ahli materi dengan persentase 85.56% dari 100%, skor penilaian ahli media dengan persentase 85.1%, dan skor penilaian ahli bahasa dengan persentase 83.11%. Dari penilaian validasi ahli maka bahan ajar LKPD dikategorikan sangat layak sedangkan pada ujicoba yang dilakukan peneliti dalam skala kelompok kecil didapatkan skor persentase 81.75% kemudian pada ujicoba kelompok luas dengan persentase 90.25% kriteria sangat layak atau menarik.


Keywords


Pengembangan;LKPD;Kearifan Lokal

References


Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran IPA materi gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68-76.

Alwasilah, S. & Karyono. (2009). Etnopedagogi: Landasan Praktek Pendidikan dan Pendidikan Guru. Kiblat.

Ani, N. I., & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87-105.

Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang pada Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 1-12.

Endraswara, S. (2013). Folklor Nusantara. Ombak.

Febrianti, I. (2019). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Bioteknologi Kearifan Lokal di Jember Subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Digital Repository Universitas Jember. Jember.

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras, 11(1), 183.

Ghinaya, M. A. S., & Dari, Y. W. (2021). Desain LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Terintegrasi Nilai Islam. In Proceedings of International Education Conference, 1(1), 49-55.

Hadirman, H. (2021). Sinergitas Budaya Dan Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Katoba: Jurnal Pendidikan, Sosial, Budaya, dan Agama, 1(1), 1-10.

Halim, A. (2014). Pendidikan Berwawasan Lingkungan Berbasis Nilai Kearifan Lokal (Studi Kasus Ritual “Among Tani” di Legoksari Tlogomu lyo Temanggung). LP2M UIN Walisongo Semarang. Semarang.

Hotmartua, S. E. (2015). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berfikir kritis di SMP 6 Medan. Universitas Negeri Medan. Medan.

Ilyas, U., & Alumu, W. O. M. L. O. (2020). Integralisasi Budaya Dalam Sistem Pendidikan Nasional. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman, 11(2), 173-184.

Juwantara, R. A., & Khotimah, K. (2021). Optimization Of Three Education Centers Through Hidden Curriculum In Development Of Religious Character Of Students In Al-Azhar Dormitory Yogyakarta. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 56-70.

Kalifah, D. R. N., & Nugraheni, A. S. (2021). Pengembangan lkpd tematik berbasis kearifan lokal budaya Lampung Selatan tema indahnya keberagaman kelas iv mi/sd. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 27-36.

Katriani, L. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik. Makalah Disajikan Pada PPM Pelatihan Pembuatan Perencanaan Pembelajaran IPA Untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Kelas Sebagai Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru SMP Se_Kecamatan Danur. Universitas Negeri Yogyakarta.

Khotimah, K. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E Tema IV Kelas IV di SD. Jurnal Pendidikan.

Mazlan, M. P. (2019). Pengembangan Lkpd Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Masbagik Utara Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Hamzanwadi.

Nawarda, S. (2017). Pengembangan LKPD Praktikum Berbasis Lingkungan pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA N 1 Sabang. Jurnal Pendidikan.

Nurul, A. (2017). Pengembangan Modul Matematika Kurikulum 2013 Bermuatan Kebudayaan Lokal Untuk Kelas VIII SMP/MTs Semester II Pada Materi Persamaan Linier dua Variabel. Universitas Islam Negeri Walisongo. Semarang.

Pahrudin, A. dan M. H. (2007). Budaya Lampung dan Penyelesaian Konflik Sosial Keagamaan. Pustaka Ali Imron.

Permatasari, I. S., Hendracipta, N., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan media pembelajaran video animasi hands move dengan konteks lingkungan pada mapel IPS. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 34-48.

Prabowo, Dytta Lyawat i, N. dan M. (2016). 2016. Pengembangan Modul berbasis Potensi Lokal pada Materi Ekosistem sebagai Bahan Ajar di SMAN 1 Tanjungsari. Proceeding Biology Education Conference. Gunung Kidul. 13(1).

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajat Inovatif, Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. DIVA Press.

Ramadhani, A. (2012). Penggunaan Lembar Kerja Siswa Yang Dilengkapi Mind Map dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Rahyono, F. X. (2009). Kearifan Budaya dalam Kata. Wedatama Widya Sastra.

Restian, A., Deviana, T., & Saputri, Y. N. E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kearifan Lokal di Malang Untuk Siswa Kelas IV SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 85-91.

Ridwan, N. A. (2007). Landasan Keilmuan Kearifan Lokal. Jurnal Studi Islam dan Budaya, (3), 1-8.

Rofiah, N. H. (2014). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis KIT untuk meningkatkan keterampilan proses dasar IPA di MI/SD. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 6(2).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Susanto, H. (2015). Pemahaman Sejarah Daerah dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya dalam Membina Sikap Nasionalisme (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM). Sejarah dan Budaya: Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 9(1), 39-50.

Swasono, S.E. & Macaryus, S. (eds). (2012). Kebudayaan Mendesain Masa Depan. Aditya Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i1.7945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search