Pengembangan Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Berbasis Macromedia Flash

Deasy Ningsiati, Untung Nopriansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada mata kuliah pembelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar  berbasis macromedia flash, mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran dan mengetahui respon mahasiswa PGMI UIN Raden Intan Lampung terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan model thiagarajan yang mencakup empat langkah yaitu define(pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dissemination (diseminasi). Berdasarkan hasil penelitian media pembelajaran yang dikembangkan merupakan hasil analisis kebutuhan dosen di PGMI UIN Raden Intan Lampung dengan desain media pembelajaran dibuat menggunakan aplikasi macromedia flash. Hasil pengembangan media pembelajaran mendapat penilaian tanggapan dengan kriteria sangat layak dari ahli media 97%, ahli materi 96% dan ahli bahasa 87% serta mahasiswa memberikan respon sangat menarik terhadap media yang telah dikembangkan dengan uji coba terbatas 85% dan uji coba luas 87%.


Keywords


media pembelajaran, bahasa Indonesia SD, Macromedia Flash

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Grafindo.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK Dengan Pendekatan Konstekstual Melalui Game Adobe Flash CS4.0,. Infinity Journal 4(2), 197-222.

Darmawan, D., Setiawati, P., Supriadie, D., & Alinawati, M. (2017). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Englishsimple Sentencespada Mata Kuliah Basic Writing Di Stkip Garut. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 15(2), 630-644.

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2), 226-245.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4), 278–285.

Fajarisman, F., Widiatsih, A., & Kustiowati, K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash Cs6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin Untuk SMP/MTs. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 5(1), 1–16.

Fathur, R. (2018). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Alat-alat Optik.” In (Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.2018).

Gunawan, H. I. (2020). Bahasa Indonesia: Lingua Franca Pencetak Karakter Negeri. Pena Persada.

Juwantara, R. A., & Khotimah, K. (2021). Optimization Of Three Education Centers Through Hidden Curriculum In Development Of Religious Character Of Students In Al-Azhar Dormitory Yogyakarta. Abdau: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 56-70.

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan Media Komik Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Teks Cerita Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–9.

Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.

Madcoms. (2007). Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Pro 8. Andi Press.

Maharani, M., Supriadi, N., & Widiyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Maulidta, H., & Sukartiningsih, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(5), 681-692.

Mukmin, B. A., & Primasatya, N. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Macromedia Flash Berbasis K-13 Sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 211–226.

Nugroho, F. A., & Adian Fatchur, R. (2010). Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi, 6(2).

Nur, S. (2016). Kemampuan Menulis teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs DDI BASSEANG. Pepatudzu: Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 7(1), 27–38.

Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 527–540.

Putra, M. T. M., Sari, A. K., & Risnasari, M. (2018). Pengembangan Game Educative Berbasis Android pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 5(1), 39–47.

Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2 Agustus), 113-120.

Saputra, V. H., & Permata, P. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(2), 116–125.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i1.8166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search