Pengembangan Buku Strategi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Berorientasi pada Pedagogical Knowledge Mahasiswa

Mukti Sintawati, Asih Mardati, Ginanjar Abdurrahman

Abstract


Pedagogical knowledge merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebagai calon guru Sekolah Dasar (SD). Pedagogical knowledge merupakan pengetahuan tentang karakteristik siswa dan model/strategi pembelajaran apa saja yang dapat digunakan di SD. Pedagogical knowledge ini sangat penting dikuasai mahasiswa terutama dalam pembelajaran matematika, karena matematika harus disampaikan secara konkrit dengan model/metode/strategi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku strategi pembelajaran matematika di SD yang berorientasi pada pedagogical knowledge mahasiswa PGSD. Penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen yang digunakan untuk menilai buku yang dikembangkan yaitu lembar penilaian ahli, angket respon mahasiswa, dan tes pedagogical knowledge. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku dinyatakan valid oleh para ahli, dan praktis oleh mahasiswa. Hasil penelitian juga menunjukkan baha buku efektif berdasarkan hasil tes pedagogical knowledge mahasiswa PGSD UAD.


Keywords


buku ajar, matematika, pedagogical knowledge

References


Alayyar, G. M., Fisser, P., & Voogt, J. (2012). Developing technological pedagogical content knowledge in pre-service science teachers: Support from: Blended learning. Australasian Journal of Educational Technology, 28(8), 1298-1316.

Alperi, M. (2019). Peran bahan ajar digital sigil dalam mempersiapkan kemandirian belajar peserta didik. Jurnal Teknodik, 99–110.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (ed.2). In Pustaka Pelajar.

Budiyono, H., Rubiati, & Setyonegoro, A. (2014). Pengembangan Bahan Pelatihan Desain Sistem Pembelajaran bagi Guru Bahasa Indonesia SMA. Tekno-Pedagogi, 4(1), 7-14.

Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2020). Pengembangan Buku Ajar Matematika Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(1), 88-96.

Irfan, A., Anzora, A., & Fuadi, T. M. (2018). Analisis Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Pada Program Studi Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 239–250.

Isrokatun, I., Fitriani, E., & Mukarromah, K. (2022). Analisis Kesiapan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Menjadi Guru Sekolah Dasar yang Kompeten. Jurnal Basicedu, 6(1), 819–833.

Langford, P. E., & Langford, P. E. (2018). Piaget. In Approaches to the Development of Moral Reasoning.

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162–171.

Mamlok-Naaman, R., Hofstein, A., & Taitelbaum, D. (2012). Enhancing the Pedagogical Content Knowledge of Teachers by Using an Evidence-based Inquiry Approach in the Chemistry Laboratory. Mevlana International Journal of Education (MIJE) ARICLE Special Issue: Inquiry in Science Education & Argumentation Based Science Inquiry.

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 69–79.

Nopriyeni, N., Kun Prasetyo, Z., Djukri, & Endri Yanto, B. (2019). Development of instruments to improve student’pedagogical knowledge based mentoring. Journal of Physics: Conference Series, 1241(1), 1-7.

Suarjana, I. M. (2013). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(46), 145–154.

Sumar, W. T., & Razak, I. A. (2016). Strategi pembelajaran dalam implementasi kurikulum berbasis soft skill. Deepublish.

Supriyadi, S., Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) mahasiswa pada matakuliah strategi belajar mengajar fisika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 1–9.

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. In Indiana.

Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Bumi Aksara. Bumi Aksara.

UU Nomor 14. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Produk Hukum.

Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69-83.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2018). Persepsi Siswa Terhadap Pembelajaran Pecahan Di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462.

Wulandari, M. R., & Iriani, A. (2018). Pengembangan Modul Pelatihan Pedagogical Content Knowledge (PCK) Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional dan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMP. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 177-189.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i2.8922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search