Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp untuk Minat Belajar Siswa SD Selama Pembelajaran Daring

Iva Sarifah, Zulela MS, Ina Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media sosial whatsapp untuk minat belajar siswa sekolah dasar selama pembelajaran daring (dalam jaringan) di tengah pandemi covid-19. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas tinggi. Sampel penelitian adalah siswa-siswi sekolah dasar kelas enam. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik Accidental/incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan butir instrumen masing-masing lima belas pernyataan untuk dua variabel. Data dianalisis dengan uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinan dan regresi. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa pemanfaatan media sosial whatsapp menunjukkan hasil presentase rata-rata 73,95% dan minat belajar siswa sebesar rata-rata 70,93%. Hasil analisis koefisien determinan menunjukkan angka 0,37. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi pemanfaatan media sosial whatsapp untuk minat belajar siswa adalah sebesar 37% yang berarti terdapat 63% faktor-faktor atau variabel lain yang mempengaruhi minat belajar siswa


Keywords


Pemanfaatan whatsapp, Minat belajar, Pembelajaran daring

References


Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917.

Eko, S. (2019). Penerapan Media Sosial Whatsapp Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Smk Komputama Majenang Pada Pembelajaran Persamaan Kuadrat. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers Program Studi Magister Pendidikan Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya

Fajar, A. S. (2020). Peningkatan Minat Belajar Daring Tema 4 Subtema 1 Menggunakan Media Audiovisual Berbasis Youtube Pada Kelas V Sd Negeri Tonoboyo 2 Bandongan Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Profesi Pendidik, (6)2, 1-13.

Jocz, J. A., Zhai, J., & Tan, A. L. (2014). Inquiry Learning In The Singaporean Context: Factors Affecting Student Interest In School Science. International Journal of Science Education, 36(15), 2596-2618.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 113–126.

Kurniawan, Y. D., & Hartono, H. R. P. (2022). Tantangan Dan Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Mahasiswa Politeknik Negeri Madiun. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 137–146.

Masrul, M., Abdillah, L. A., Tasnim, T., Simarmata, J., Daud, D., Sulaiman, O. K., Prianto, C., Iqbal, M., Purnomo, A., & Febrianty, F. (2020). Pandemik COVID-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Yayasan Kita Menulis.

Maulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 248-251.

Moore., Dickson-Deane., & Galyen. (2011). E-Learning, Online Learning, And Distance Learning Environments: Are theythesame?. Internet and Higher Education, 14, 129–135.

Naeklan, S. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Jurnal Elementary School Journal PGSD, 2407-4934 .

Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi Whatsapp selama pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138–150.

Rasjid, H., & Firdaus, R. (2021). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Siswa di masa Pandemi COVID 19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1773–1782.

Simanjuntak, S. Y., Kismartini, K., Rafinzar, R., & Pradana, S. A. (2020). Respons Orangtua Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Di Provinsi Sumatera Utara. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 143–153.

Sudaryono. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sulaeman, A., Darodjat, D., & Makhrus, M. (2020). Information and Communication Technology dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 81–95.

Sumarni, Y. (2020). Pandemi Covid-19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis. Al-Intaj: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 46–58.

Sumar, W. T., Lamatenggo, N., & Abd Razak, I. (2020). Strategi Guru dalam Implementasi Pembelajaran Abad 21 Melalui Model Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kompetensi Guru. JAMBURA Elementary Education Journal, 1(2), 100-110.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, W. B., Ratnasari, D., & Ponoharjo, P. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Whatsapp Terhadap Minat Dan Prestasi Peserta Didik. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 129-138.

Zulfitria, Z., Ansharullah, A., & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i2.9198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search