Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar

Hasan Sastra Negara, Fika Nurlova, Arini Ulfah Hidayati

Abstract


Permasalahan yang mendasar dalam pendidikan di Indonesia adalah rendahnya kualitas berfikir matematis dalam pemecahan masalah. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan peserta didik dalam belajar diantaranya adalah faktor internal dalam diri peserta didik, salah satunya adalah gaya belajar. Kebanyakan kegagalan peserta didik dalam pembelajaran adalah karena kurang memahami pengelolaan gaya belajar yang dimilikinya. Oleh karena itu gaya belajar mempunyai peranan yang sangat penting dalam prestasi belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik yang ditinjau dari gaya belajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan data kualitatif yang dideskripsikan untuk menghasilkan pendeskripsian secara rinci dan jelas mengenai kemampuan penyelesaian masalah matematika peserta didik yang dilihat dari gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Teknik pengumpulan data menggunakan pemberian angket, tes dan wawancara, dan teknik validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi waktu serta teknik analisis data menggunakan tahap reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan tinggi dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan pemecahan masalah lebih baik daripada peserta didik dengan gaya belajar auditorial dan kinestetik, sedangkan pada kemampuan rendah peserta didik dengan gaya belajar auditorial memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik daripada peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan kinestetik


Keywords


Pemecahan Masalah Matematika, Gaya Belajar

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis dan Remediasinya. Rineka Cipta.

Al-Hamzah, I. N. F., & Awalludin, S. A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2246-2254.

Amin, M. (2016). Pengaruh mind map dan gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 85-92.

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10.

Annisa, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP berdasarkan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 481-490.

Ardila, D. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas Viii Mtsm Tanjung Bonai. Publikasi Iain Batusangkarana.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Peneltian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.

Dito, S. B., & Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65.

Endang Setyo Winarni, S. H. (2014). Matematika Untuk PGSD,. Remaja Rosdakarya.

Fendrik, M. (2019). Relevansi Berpikir Matematis Terhadap Perkembangan Psikososial Berbasis Teksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 7(2), 1-10.

Hafidz, A. A., Kusumaningsih, W., & Aini, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(6), 373-380.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25-33.

Heris H & Euis E. R, U. S. (2017). Hard Skills dan Soft Siklls Matematik Siswa. Refika Utama.

J. Tombokan Runtukahu, S. K. (2016). Pembelajaran Matematika Dasar Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Ar-Ruzz Media.

Kurniati, A., Fransiska, F., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103.

Mirdanda, A. (2018). Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Yudha English Gallery.

Rusman, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalitas Guru,. Grafindo.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Alfabeta.

Tanamir, M. D. (2016). Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar. Curricula: Journal of Teaching and Learning, 1(2), 41-51

Umrana, U., Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67-76.

Widyastuti, R. (2015). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya Ditinjau Dari Adversity Quotient Tipe Climber. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 183-194.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/terampil.v8i1.9648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar



________________________________________________________________________________________________________

Creative Commons License
Terampil is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 Unported Licensep-ISSN 2355-1925e-ISSN 2580-8915

_____________________________________________________________________________________________

 

       

 Indonesia One Search