Pengembangan Media Komik berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus

Regita Anesia, Bambang Sri Anggoro, Indra Gunawan

Abstract


Abstract: This study aims to determine what needs are needed in developing android-based comic media on the subject of motion straight for SMP class VII. This research is an R & D research that adopts the development of Borg & Gall. The data collection instrument used was a questionnaire given to materials experts and media experts to test the feasibility of comic-based android media. The type of data produced is qualitative data which is analyzed by guidance criteria of assessment category to determine product quality. The results of this study that has been developed in the form of comic-based learning media android on the subject of motion straight for students of SMP class VII.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang diperlukan dalam mengembangkan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus untuk SMP kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang mengadopsi pengembangan dari Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan media komik berbasis android. Jenis data yang dihasilkan adalah data kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini yaitu telah dikembangkan media pembelajaran berupa komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus untuk siswa SMP kelas VII.

Keywords


Android, Gerak Lurus, R&D, Media Pembelajaran, komik

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran (17th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Hermawan, & Arief, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Scientific pada Materi Alat Optik untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 3 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(3), 96–102.

Miarso, Y. (2015). Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan (7th ed.). Jakarta: Predana Media Group.

Mustari, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Lewat Komputer terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X Sma Negeri 3 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 271–283.

Musyadat, I. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe untuk Peningkatan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X MAN Bangil.

Rachmat, I. (2012). Mengenal Komunikasi Multimedia dan Sistem Operasional Komputer Macintosh. Jurnal Komunikasi, 9(1).

Ramli, M. (2015). Media Pembelajaran dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 13(23), 130–154.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi ; “Mengembangkan profesionalitas guru” (2nd ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjono, A. (2012). Pengantar Satistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2012). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, T., & Agung, Y. A. (2016) Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(3), 1068–1074.

Ulfah, A. (2014). . 2014. Pengembangan Media Audio Visual Pada Kompetensi Penerapan Teknik Perlakuan Kimiawi Enzimatis Di SMKN 2 Indramayu. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Wahyudin, -, Sutikno, -, & Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Minat dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(1), 58–62.

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Sparkol VideoScribe dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas VIII di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/2016.

Yuberti. (2016). Penelitian Dan Pengembangan Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Bandarlampung: UIN Raden Intan Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Regita Anesia, Bambang Sri Anggoro, Indra Gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © UIN Raden Intan LampungAll rights reservede-ISSN 2615-8639