Efektivitas Model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) Terhadap Concept Mapping Skill Peserta Didik

https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2801

Rahma Diani, Orin Neta Julia, Murih Rahayu

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the effectiveness of physics learning by using the model of learning RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing)to the comcept mapping skill of learners. This research is a kind of quasy experiment research. Sampling technique is done with porposive sampling technique. To measure and know the concept mapping skill with assessinh 4 aspect of the concept mapping skill. The result of analysis stated that there is difference of at a time when learners start making mind mapping in the first meeting, second meeting and the third meeting. This is evidenced from the acquisition of percentage of 49,30% at then first meeting, 74,58% at second meeting, and 90,13% at the third meeting which mean an increase in the ability create a mind map with the use of RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing model. Then it can be concluded that, the study of physics with the RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) model more Effective against concept mapping skill.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran fisika dengan menggunakan  model pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) terhadap concept mapping skill peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasy experimen.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Untuk mengukur dan mengetahui kemampuan konsep mapping peserta didik dengan menilai 4 aspek dalam concept mapping. Hasil analisis menyatakan bahwa terdapat perbedaan pada saat peserta didik memulai pembuatan mind mapping di pertemuan pertama, pertemuan kedua dan pertemuan ketiga. Hal ini dibuktikan dari perolehan nilai presentase sebesar 49,30% pada pertemuan pertama, 74,58% pada pertemuan kedua dan 90,13% pada pertemuan ketiga yang berarti adanya peningkatan pada kemampuan membuat mind map dengan pengguanaan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing). Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran fisika dengan model RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing) lebih efektif terhadap concept mapping skill peserta didik.


Keywords


RMS (Reading, Mind Mapping and Sharing), Concept Mapping Skill

Full Text:

PDF

References


Ari, S. S., Masykuri, M., & Elfi, S. V. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Two-Tier Multiple Choice Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Untuk Siswa Sma/Ma Kelas Xi. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(4), 83–92. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/4507

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1738

Gumilar, S., & Setiawan, W. (2016). Improving Concept Mapping Skill Through Inquiry Instruction. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 12(July), 106–112. https://doi.org/10.15294/jpfi.v12i2.7504

Haryoko, S. (2009). Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi, 5(1), 1–10.

Kokom, K. (2010). Pembelajaran Konstektual. Bandung: Refika Aditama.

Muhlisin, A., Susilo, H., Amin, M., & Rohman, F. (2016). Improving critical thinking skills of college students through RMS model for learning basic concepts in science. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, 17(1).

Ningzaswati, D. R., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, W. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vi Sd. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5, 1–12.

Prayito. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Humanistik Berbasis Konstruktivisme Berbantuan E-Learning Materi Segitiga Kelas Vii. Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang, (2), 1–9.

Rahmatiah, R., H, S. K., & Kusairi, S. (2016). Pengaruh Scaffolding Konseptual dalam Pembelajaran Group Investigation Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMA dengan Pengetahuan Awal Berbeda, II(2), 45–54.

Raina Vovianti, N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 158–166.

Rifa’i, B. (2013). Efektivitas Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Krupuk Ikan dalam Program Pengembangan Labsite Pemberdayaan Masyarakat Desa Kedung Rejo Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 1(1), 130–136.

Sholihah, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Ips Di Sma Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013 / 2014. Prosiding SNPE FKIP UNS, (November).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wiradana Wayan Gde, I. (2012). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Dan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Ipa Kelas Vii Smp Negeri 1 Nusa Penida. Jurnal Pendidikan Fisika, 1–19.

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i1.2801

Article Metrics

Abstract views : 1520 | PDF downloads : 1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License