Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Fisika

Selly Auli, Nirva Diana, Yuberti Yuberti

Abstract


Abstract: This study aims to determine and analyze the presence or absence of misconceptions experienced by students on the concept of vibration and wave matter. This research is a descriptive qualitative. Conducted on the students of class VIII. The sample used is taken by random sampling. The material used in analyzing misconceptions is the material that has been studied previously, the matter are vibration and waves. The instrument used is a reference concept map. This research is conducted through three stages, namely pre-survey stage, implementation, and conclusion. The data of the research are analyzed quantitatively and qualitatively. The results show that the average concept map in criteria is low. The low concept map is caused by the distribution of concept statement with the average of misconception 7.40%, and do not understand the concept of 61.59%, so the average students who understand the concept of 31.01%.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada atau tidaknya miskonsepsi yang dialami siswa pada konsep materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII. Sampel yang digunakan diambil secara random sampling. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pra survey, pelaksanaan, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa rata-rata peta konsep dalam kriteria rendah. Rendahnya peta konsep disebabkan karna sebaran pernyataan konsep dengan rata-rata miskonsepsinya 7.40%, dan tidak paham konsep 61.59%, sehingga rata-rata siswa yang paham konsep sebesar 31.01% .


Keywords


Miskonsepsi, Peta Konsep, Getaran dan Gelombang

Full Text:

PDF

References


Alhinduan, S. S. R., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(1).

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa melalui Model Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika di SMK. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 02(1), 47–52.

Gallung, A. R. (2015). Penerapan Model Inquiri Terbimbing Disertai Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(4).

Gusmalia, R. (2016). Penggunaan Asesmen Peta Konsep Untuk Menganalisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Biologi.

John, M. C. (1999). Concept Map Assesment of Classroom Learning: Reliability, Validity and Logistical Proticality. Journal of Research in Science Teaching, 36(4).

Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu , Kalor , dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 146–153.

Mosik, & Maulana, P. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 98–103.

Mutakin, C. (2011). Pengembangan Evaluasi Peta Konsep Sebagai Alat Ukur Struktur Kognitif Siswa Kelas VIII MTs Pada Pokok Bahasan Getaran dan Gelombang. Universitas Negeri Semarang.

Nurhamidah, L., & Al, E. (2013). Penerapan Asesmen Berkelanjutan Pada Pembelajran Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA MAN 1 Tulungangung. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Ozdemir, A. (2005). Analyzing Concept Maps as an Assesment (Evaluation) Tool in Teaching Mathematics. Journal of Social Sciences, 1(3).

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media PhET Simulation Dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik : Dampak Pada Minat Dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 05(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Silviani, R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2017). Penerapan Three Tier-Test untuk Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Materi Magnet. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1).

Suparno, P. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License