Pengembangan Pendeteksi Dini Bahaya Banjir sebagai Alat Peraga Pembelajaran Fisika pada Materi Listrik Dinamis

https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.3518

Retno Widiyanto, Happy Komikesari

Abstract


Abstract: This study aims to develop early detection of flood hazards as a teaching aid for physics learning and to determine its feasibility as a teaching aid in physics learning. This research is an R and D study that adopted the development of Borg and Gall. The subjects in this study were students of class IX N 1 Gadingrejo Middle School, Gadingrejo N 3 Middle School and SMP 3 Bandar Lampung with data collection instruments used in the form of questionnaires. The results of this study are: 1) Producing products in the form of early detection of flood hazards as learning teaching aids; the product quality that has been developed is very feasible with a percentage based on the assessment of material experts 96.03%, 91% media experts and junior high school teachers with a percentage of 87.92%; 2) The response of students is carried out by small group trials and class IX field trials with a percentage of eligibility of 88.08% and 84.7% in 1 Gadingrejo N 1 Middle School, Gadingrejo N 3 Middle School and 3 Bandar Lampung Middle School.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan pendeteksi dini bahaya banjir sebagai alat peraga pembelajaran fisika dan mengetahui kelayakannya sebagai alat peraga pembelajaran fisika. Penelitian ini merupakan penelitian Rand D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP N 1 Gadingrejo, SMP N 3 Gadingrejo dan SMP 3 Bandar Lampung dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Menghasilkan produk berupa pendeteksi dini bahaya banjir sebagai alat peraga pembelajaran; kualitas produk yang telah dikembangkan sangat layak  dengan persentase berdasarkan penilaian ahli materi 96,03%, ahli media 91% dan guru SMP dengan persentase sebesar 87,92%; 2) Respon peserta didik yang dilakukan dengan uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan kelas IX dengan persentase kelayakan masing-masing sebesar  88,08% dan 84,7% di SMP N 1 Gadingrejo, SMP N 3 Gadingrejo dan SMP 3 Bandar Lampung

Keywords


Penelitian dan Pengembangan, Alat Peraga, Pendeteksi Banjir

Full Text:

PDF

References


Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 53–57.

Aryati, S. N., Jatmiko, A., & Mustaqim, M. (2018). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Tekanan untuk Peserta Didik KElas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 47–52.

Hasbi, M. . (2015). Pengembangan Alat Peraga Listrik Dinamis (APLD) Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 1(1).

Nasrullah. (2015). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 18(1), 25–38.

Peraturan Menteri. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Retrieved from luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud70-2013KD-StrukturKurikulum-SMK-MAK.pdf

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(April), 47–55.

Suhandi, A., & Wibowo, F. . (2012). Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha-Energi dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1).

Zainab, Wati, M., & Miriam, S. (2017). Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains pada Pokok Bahasan Tekanan di Kelas VIII SMP Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.3518

Article Metrics

Abstract views : 362 | PDF downloads : 305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License