Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Fluida Statis dalam Perspektif Al-Qur’an Menggunakan Macromedia Flash

https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3596

Ikhwanudin Ikhwanudin, Abdul Basith

Abstract


Abstract: This study aims to develop interactive static fluid learning media in the Al-Qur'an perspective using macromedia flash and find out the responses of students to the use of static fluid interactive learning media in the Al-Qur'an perspective using macromedia. This research is an R and D study that adopted the development of Borg and Gall. The subjects in this study were students of class X MA AL-HIKMAH Bandar Lampung. The results of this study are products in the form of static fluid interactive learning media in the Al-Qur'an perspective using macromedia flash with a percentage of material expert ratings of 84.02%, 82% media experts, 85.56% physics teachers with very feasible categories, and percentage 75.83% by media experts with a decent category. The response of class X students on static fluid interactive learning media in the Al-Qur'an perspective uses macromedia flash with a percentage of 85.08% in MA AL-HIKMAH Bandar Lampung.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia. Penelitian ini merupakan penelitian R and D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA AL-HIKMAH Bandar Lampung. Hasil penelitian ini adalah produk berupa media pembelajaran interaktif fluida statis dalam perspektif  Al-Qur’an menggunakan macromedia flash dengan persentasi penilaian ahli materi sebesar 84,02%, ahli media 82%,  guru fisika 85,56% dengan kategori sangat layak, dan persentasi 75,83% oleh ahli media dengan kategori layak. Respon peserta didik kelas X pada media pembelajaran interaktif fluida static dalam perspektif Al-Qur’an menggunakan macromedia flash dengan persentase 85,08% di MA AL-HIKMAH Bandar Lampung.


Keywords


Media Pembelajaran, Perspektif Al-Qur’an, Macromedia Flash

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional “Menuju bangsa Indonesia yang mandiri dan berdaya saing tinggi.” Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 5(2).

Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. (2004). Keterpaduan Materi PAI dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Emut. (n.d.). Membuat Animasi Obyek dan Teks dengan Menggunakan Macromedia Flash 8. Retrieved from http://www.slideshare.net/dhamar3/membuat-animasi-dengan-menggunakan-macromedia-flash

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2).

Majid, A. (1997). Mukzijat Al-Qur’an dan As-Sunnah Tentang IPTEK (Jilid 2). Jakarta: Gema Insani Pers.

Miarso, Y. (2009). Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan. Jakarta: Predana Media Group.

Rahman, A. (2007). Hakikat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Menurut Syariat Islam. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis Tehnologi Informasi dan Komunikasi ; “Mengembangkan profesionalitas guru.” Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3596

Article Metrics

Abstract views : 265 | PDF downloads : 217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License