Respon terhadap Media Pembelajaran Melalui E-Learning Moodle sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika

Wulan Diah Puspitasari, Wan Jamaluddin

Abstract


Abstract: This research aims to determine the positive response of learners to the learning media that is accessed via e-leraning with moodle as a supplement of physics learning. This research was conducted in three schools in Bandar Lampung namely SMAN 13 Bandar Lampung, SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung and SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Data analysis techniques used are qualitative descriptive analysis techniques and descriptive statistical analysis. The results of this study in the form of a positive assessment or response of learners to learning media accessible through e-learning with an interesting moodle used by learners.Positive responses from learners in small group testing and field trials percentage were  82% and 85% respectively. So the product is declared very good or very interesting used by learners as suplemen of physics learning.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari peserta didik terhadap media pembelajaran yang diakses melalui e-leraning dengan moodle sebagai suplemen pembelajaran fisika. Penelitian ini dilaksanakan ditiga sekolah di Bandar Lampung yaitu SMAN 13 Bandar Lampung, SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dan SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini berupa penilaian atau respon positif peserta didik terhadapmedia pembelajaran yang diakses malalui­e-learning denganmoodleyang  menarik digunakan oleh peserta didik. Respon positif dari peserta didik pada uji kelompok kecil dan uji coba lapangan masing-masingpersentasenya  adalah 82% dan 85%. Sehingga produk dinyatakan sangat baik atau sangat menarik digunakan oleh peserta didik sebagai suplemen pembelajaran fisika.


Keywords


E-Learning dengan Moodle, Pembelajaran Fisika, Respon Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Darmawan, D. (2014). Pengembangan E-Learning Teori dan Desain. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Masykur, R., Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2).

Pramesty, R. I. (2013). Pengembangan Alat Peraga KIT Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran Pada Sub Materi Fluida Statis Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari, Mojokerto. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2.

Putri, N. A. (2014). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology Pada Materi Pelajaran IPA Kelas VIII Di SMP Neger1 Seiriti. Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(April), 47–55.

Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Shrivastava, R., & Jain, Y. K. (2013). Designing an Developing e-Learning Solution: Study on Moodle 2.0. In International Journal of Machine Learning and Computing.

Sukmawati, F. (2016). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Biologi SMP Berbasis Android Untuk Bekal Menghadapi UAN Di SMP Islam Bakti 1 Surakarta. Jurnal Teknologi Informasi, XI.

Umar. (2014). Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbawiyah.

Yuberti, Y. (2016). Dinamika Teknologi Pendidikan. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License