Pembandingan Model Pembelajaran Mind Mapping dan Arias (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4327

Yeni Rafika, Welly Anggraini, Rifda El Fiah

Abstract


Abstract: This study aims to compare the Mind Mapping and ARIAS learning models (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) to the understanding of physics concepts in class VIII students at SMP Negeri 1 Bukit Kemuning. This study is a Quasi Experiment Design with research villages using the Pretest-Posttest Design Control Group. The selection of samples using Purposive Sampling techniques. The research samples were experimental class I (VIII 4) which applied the Mind Mapping learning model and experimental class II (VIII 6) which applied the ARIAS learning model (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Data collection instruments used were test instruments for understanding concepts (pretest and posttest) with essay questions. Based on the research results that have been calculated by the t-test with a significant level of α = 0.05 (5%) that tcount = 1.725 and ttable = 1.708 which indicates that tcountmore than  ttable, to obtain conclusions Ha is accepted and H0 is rejected which means there is a comparison of models Mind Mapping and ARIAS on understanding the concepts of physics of students in SMP Negeri 1 Bukit Kemuning

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran Mind Mapping dan ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) terhadap pemahaman konsep fisika pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Bukit Kemuning. Penelitian ini merupakan Quasi EksperimentDesign dengan desain penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Pemilihan sampel menggunakan teknik Sampling Purposive. Sampel penelitian yakni kelas eksperimen I (VIII 4) yang diterapkan model pembelajaran Mind Mapping dan kelas eksperimen II (VIII 6) yang diterapkan  model pembelajaran ARIAS(Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes untuk pemahaman konsep (pretest dan posttest) dengan bentuk soal essai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dihitung dengan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05 (5%) bahwa thitung = 1,725 dan ttabel = 1,708 yang menunjukkan bahwa thitunglebih dari  ttabel , sehingga diperoleh kesimpulan Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya terdapat perbandingan model Mind Mapping dan ARIAS terhadap pemahaman konsep fisika peserta didik di SMP Negeri 1 Bukit Kemuning

Keywords


model pembelajaran ARIAS, model pembelajaran mind mapping, pemahaman konsep.

Full Text:

PDF

References


A.W, J. D. H. (2013). Belajar dan Pembelajaran SAINS. Bandung: Pustaka Reka Cipta.

Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2).

Fajrina, R. N. A. A., Handayanto, S. K., & Hidayat, A. (2016). Deskripsi Penguasaan Konsep Siswa Terhadap Materi Fluida Statis Di Tana Paser Kalimantan Timur Kelas XI Tahun Ajaran 2016/2017. In Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM (p. 416).

Irwandani. (2013). MODEL PEMBELAJARAN JUST IN TIME TEACHING (JITT) BERBANTUAN WEBSITE PADA TOPIK LISTRIK ARUS BOLAK-BALIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al- Biruni, 3(2).

Jamiah, Y. (2008). Peningkatan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran ARIAS pada Mahasiswa S-1 PGSD FKIP Untan Pontianak, 6(2), 112–207.

Linuwih, S., & Sukwati, N. O. E. (2014). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION ( AIR ) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP ENERGI DALAM THE EFFECTIVENESS OF AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION ( AIR ) LEARNING MODEL ON STUDENTS ’, 10(2), 158–162. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i2.3352

Lisa Hermawati, D. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi dengan Strategi Pembelajaran ARIAS Terintegrasi dengan Pembelajaran Aktif Learning Tournament pada Siswa Kelas X AK 2 SMK Surakarta, 2(3), 273–283.

Ningrum, D. W., & Rustana, C. E. (2015). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN ( MIND MAPPING ) DAN METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP ( CONCEPT MAPPING ) SNF2015-I-105 SNF2015-I-106, IV, 105–110.

Pebriayani, Hesti, M. A. dan K. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas VIII A SMPN 33 Makasasar, 1(2), 178.

R Adha Priyo Wibowo. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Secara Langsung dengan Strategi ARIAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, 3(2), 95–104.

Rini Fatimah, W. W. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pembeajaran Fisika, 5(2), 217.

Saregar, A., Marlina, A., & Kholid, I. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Ditinjau dari SIkap Ilmiah: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(2), 255–263. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181

Sholihat, F. N., Samsudin, A., & Nugraha, M. G. (2017). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test Pada Sub-Materi Fluida Dinamik: Azas Kontinuitas. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 175–180.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2011). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Bandung: Bumi Aksara.

Yaspin Yolanda, S. R. M. (2016). Penerapan Model Collaborative Teamwork Learning (CTL) Pada Pembelajaran Fisika Materi Pengukuran Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016.

Zuhdi, Revi Astria N, M. N. (2013). Motivasi Belajar Fisika Siswa Melalui Penerapan Pendekatan ARIAS pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tambang, 159–165.




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4327

Article Metrics

Abstract views : 495 | PDF downloads : 238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Yeni Rafika, Welly Anggraini, Rifda El Fiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License