Realistic Mathematics Education (RME) Sebagai Sebuah Pendekatan pada Pengembangan Modul Matematika Berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396

Nuzulul Faidah, Ruhban Masykur, Siska Andriani, Lina Haerlina

Abstract


Abstract: This study aims to develop modules based on the Multiple Intelligences Theory of Howard Gardner using the Realistic Mathematics Education (RME) approach in class VIII Middle School. This research is an R and D research which stages using the development of Borg and Gall. The instrument used in this study uses a questionnaire given to material experts and media experts to test the feasibility of this module. The research results that have been developed are feasible to be used in proper learning are used seen from the results of the validation of material experts and media experts. On the results of the media expert test obtained an average of 80% with the Criteria "Good" while the results of the material expert test obtained an average value of 84% with the criteria "Very Good". Student responses to the small group test obtained an average value of 79% with the criteria "Good", while the response of students in the field test obtained an average value of 88% with the criteria "Very Good".

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis Teori Multiple Intelligences Howard Gardner menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian R and D yang tahapannya menggunakan pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan modul ini.Hasil penelitian yang telah dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran layakdigunakandilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Pada hasil uji ahli media diperoleh rata-rata sebesar 80% denganKriteria “Baik” sedangkan pada hasil uji ahli materi diperoleh nilai rata-rata sebesar 84% dengankriteria “BaikSekali”. Adapun respon siswa pada  uji kelompok kecil diperoleh nilai rata-rata sebesar 79% dengan kriteria “Baik”, sedangkan respon siswa pada uji lapangan diperoleh nilai rata-rata sebesar 88% dengan kriteria “Baik Sekali”.

Keywords


modul matematika, teori multiple intelligences, pendekatan realistic mathematics education (RME)

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghaliyah, Sitti, Fauzi Bakri, and Siswoyo. 2015. “Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Laerning Cycle 7E Pada Pokok Bahasan Fluida Dinamik Untuk Siswa SMA Kelas XI.” Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015 IV: 149–54.

Hadi, Sutarto. 2017. Pendidikan Matematika Realistik.

Irwandani, Irwandani, Sri Latifah, Ardian Asyhari, Muzannur Muzannur, and Widayanti Widayanti. 2017. “Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 : Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 06 (2): 221–31.

Ja’far, Muhammad, Sunardi Sunardi, and Arika Indah K. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Karakter Konsisten Dan Teliti Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Pada Bab Kesebangunan Dan Kekongruenan Bangun Datar Kelas IX SMP ( The Development of Mathematics Learning Aids Based.” Jurnal Edukasi UNEJ 1 (2): 29–35.

Masykur, Rubhan, Nofrizal, and Muhammad Syazali. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 8 (2).

Nurussaniah, and Nurhayati. 2016. “Pengembangan Penuntun Praktikum Fisika Dasar 1 Berbasis Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa.” Priosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) V: 63–68.

Putra, jaya Dwi, and Pitta Armita Sibarani. 2015. “Penerapan Pendidikan Realistic Mathematics Education(RME) Berbasisi LKS Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa VIII SMP Baptis Batam Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 4 (1): 29–38.

Sugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2.

Yusnita, Irda, R.Masykur, Suherman. 2016. “Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis.” Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7 (1): 29–38.




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4396

Article Metrics

Abstract views : 1305 | PDF downloads : 592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License