Metaphorical Thinking Berbantu Google Classroom: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Pitri Sundary, Agus Jatmiko, Rany Widyastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Metaphorical Thinking berbantuan Google Classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK SWADHIPA 2 Natar. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMK SWADHIPA 2 Natar yang dipilih dengan teknik random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasy experimental design menggunakan desain pretest-postest. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi satu jalan sel sama, dengan taraf signifikansi 5%. Pengolahan data ini menggunakan Ms. Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan Metaphorical Thinking berbantuan Google Classroom terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.


Keywords


Google classroom Pemahaman konsep matematis Metaphorical thinking

Full Text:

PDF

References


C. Ertikanto, “Perbandingan Kemampuan Inkuiri Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam Perkuliahan Sains,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, 2017.

I. Fahmi, “Pengaruh Kepribadian Dan Persepsi Kerja Guru Terhadap Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Guru Sma Negeri Se-Kabupaten Karawang,” J. Pendidik. Pascasarjarana UNSIKA, vol. 1, no. 01, pp. 112–121, 2017.

A. Syamsi, “Pemanfaatan Media Aktual Lingkungan Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Lower Class Di Mi/Sd,” Eduma, vol. 3, no. 1, pp. 17–31, 2014.

A. Permanasari, “STEM Education: Inovasi dalam Pembelajaran Sains,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Sains, pp. 2016–23, 2016.

N. Nurmalasary, “Pengaruh Gaya Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika,” JKPM (Jurnal Kaji. Pendidik. Mat., vol. 3, no. 2, p. 189, 2018.

H. Subekti, M. Taufiq, H. Susilo, H. Suwono, and Ibrohim, “Mengembangkan Literasi Informasi Melalui Belajar Berbasis Kehidupan Terintegrasi STEM Untuk Menyiapkan Calon Guru Sains Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Revieu Literatur,” Educ. Hum. Dev. J., vol. 3, no. 1, pp. 81–90, 2018.

M. Maharani, N. Supriadi, and R. Widyastuti, “Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa,” vol. 1, no. 1, pp. 101–106, 2018.

KEMENDIKBUD, “Standar Proses Pendidikan Menengah,” pp. 1–10, 2016.

M. Afrilianto, “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Smp Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking,” Infin. J., vol. 1, no. 2, p. 192, 2012.

L. Roesdiana, “Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Matematis Siswa,” Pendidik. Unsika, vol. 4, no. 2, pp. 169–184, 2016.

D. B. P. Pradana and R. Harimurti, “Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Diemas Bagas Panca Pradana Pendidikan Teknologi Informasi , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Surabaya , Email : diemaspradana@mhs.une,” IT-Edu, vol. 02, no. 01, pp. 59–67, 2017.

P. Kadek, R. Agustiari, I. G. P. Sudiarta, and I. N. Suparta, “Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Berbasis Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Kognitif,” J. Math. Nat. Sci. J., pp. 107–110, 2016.

F. Farida, “Pengaruh Strategi Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas Viii Mts Guppiibabatan Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016,” Al-Jabar, vol. 6, no. 2, pp. 15–26, 2015.

F. K. Sari, Farida, and M.Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran (Modul) berbantuan Geogebra Pokok Bahasan Turunan Fiska,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 2, pp. 135–152, 2016.

A. Fitriani, S. Prayogi, and S. Hidayat, “Pengaruh Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain, Write (POEW) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Ditinjau Dari Jenis Kelamin Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Empang,” J. Ilm. Pendidik. Fis. “Lensa,” vol. 3, no. 1, pp. 227–232, 2015.

E. Tambunan and N. Bukit, “Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Pemahaman Konsep Awal terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Teluk Mengkudu,” J. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, 2015.

N. W. I. Setyawati, M. Candiasa, and I. M. Yudana, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Kabupaten Bandung,” e-Journal PGSD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2016.

N. Cholid and A. Achmadi, Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2017.

M. Syazali and Novalia, Olah Data Penelitian Pendidikan. Bandar Lampung: AURA, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License